beli laptop baru sewa rdp solusi laptop jadul lemot
Solusi Laptop Jadul Yang Lemot

Beli Laptop Baru vs Sewa RDP, Solusi Laptop Jadul Yang Lemot

Posted on

Beli Laptop Baru vs Sewa RDP, Solusi Laptop Jadul yang Lemot – Okeh, postingan kali ini semuanya berwal dari bayangan, khayalan dan pemikiran yang diaplikasikan secara nyata hingga menjadi pengalaman pribadi MrJx. Yap jadi bakal cerita nih, kita mundur lagi kebelakang.

Beberapa minggu yang lalu, laptop andalan MrJx rusak, iya rusak, kenapa rusak? dibantai sama MrJx Junior. Apanya yang rusak? banyak, sampai-sampai mati total. Terus gimana? ya sementara pake laptop jadul yang lemot. dan Ini postingan pertama melalui RDP lho.

Beli Laptop Baru vs Sewa RDP

Setelah berhari-hari menghabiskan waktu dengan rasa galau yang diselimuti oleh ledakan emosi. Kenapa sih?, ya itu, mikirin mesti beli laptop baru atau gimana nih. Akhirnya beberapa hari yang lalu saya dapat hidayah dari yang maha kuasa.

Entah kenapa tiba-tiba ada aja pikiran daripada mesti keluarin duit yang lumayan buat beli laptop baru, kenapa ga “Coba manfaatkan Rdp aja”, hmmm iya-iya juga kan. Setidaknya sementara sebelum adanya dana segar buat dialokasikan ke laptop baru.

Tanpa debat lagi, otak kanan dan kiri udah deal aja sebelum saya yang putusin. Jadi, masih dengan menggunakan Laptop Jadul yang Lemot tadi, ini jari jemari udah browsing aja mencari RDP yang “cocok.” Yang dimaksud dengan cocok itu ya yang sesuai, antara spesifikasi, akses, fitur dan harga.

HIngga terjadilah satu perniagaan antara tuan tanah dan MrJx, setelah obrolan yang cukup panjang terkait “Jika dan Bagaimana”nya. Saya putuskan untuk mencoba salah satu paket yang paling merakyat selama satu bulan, ya kan coba dulu. Nanti bulan depan rencananya baru upgrade ke yang lebih dahsyat. Oya kurang lebih gini spesifikasi RDP yang MrJx ambil;

  • CPU nya 1 Core, dari Intel Xeon E5-2650 v4  2.20 GHz.
  • Ram nya 1 GB aja.
  • Storage 20 GB.
  • Internet Unlimited port 1 gbps.
  • Cloud Server Singapore.
  • OS Windows Server 2012 64 bit.
  • Satus Admin – Bisa dan boleh instal apapun selayaknya komputer pribadi.
  • Harga ga sampai 80.000 rupiah saja.

Dan sesuai dengan perkiraan saya, spek sebegitu bisa dikatakan cukup hanya untuk aktifitas Google Chrome. Memang ada sedikit lag, tapi ga begitu ngaruh, bisa dimaklumi karena baru paket tester juga.

Pengertian RDP

Pengertian Remote Desktop Protocol, ya RDP itu sebetulnya cuma singkatan aja gans, ga ada yang istimewa kok. Jadi disini saya akan jelaskan sedikit tentang apa yang dimaksud dengan Remote Desktop Protocol.

RDP adalah suatu jaringan komputer yang berfungsi sebagaimana komputer pada umumnya, yang saling terhubung dan dapat digunakan dengan menggunakan perangkat komputer lainnya. Terkadang RDP juga mampu membuat perangkat komputer jadul rasa dewa lho…-MrJx ;).

Oke jadi gini nih, secara teknis RDP atau Remote Desktop Protocol merupakan Jaringan Protokol yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft. Sederhananya, RDP bisa kita gunakan untuk mengakses atau mengendalikan komputer lain dengan mengggunakan kontrol melalui keyboard dan mouse.

Mekanismenya begini nih, Informasi grafis yang dihasilkan oleh server dikonversi ke format RDP lalu dikirim melalui jaringan ke terminal, yang akan menginterpretasikan informasi yang terdapat dalam paket protokol untuk merekonstruksi gambar yang akan ditampilkan pada layar terminal.

Sip udah paham kan tentang apa itu RDP atau Remote Desktop Protocol?, Kalo masih kurang paham coba aja dibaca-baca lagi, wkwkwk. Oya itu kalimat yang saya kutip rasanya sudah cukup menjawab kok. Sip kembali ke cerita…

Kelebihan Menggunakan RDP

Disini kita saya nilai sebagai penggunaan manusia yang wajar ya, bukan untuk bot-botan. Sebagai manusia yang cukup normal, penggunaan sehari-hari saya ya paling urusan Blog, Web, Brows dan Stream doang kok. Dengan kata lain, semua kegiatan utama saya dapat ditangani oleh hanya dengan beberapa aplikasi saja.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Hmm Google Chrome dengan multi akun, 7zip, Capture, Paint, dan udah itu aja hahahaaa. Jadi dalam pencarian paket sewaan RDP saya tak membutuhkan resource hardware yang dewa-dewa amat gans. Yang penting anti nge lag dan anti lemot aja dah cukup banget kok.

Berikut beberapa kelebihan menggunakan RDP daripada membeli laptop baru;

  1. Budget yang rendah dan fleksibel, yah semua bisa kita atur-atur dan sesuaikan dengan kebutuhan. Kalo saya hitung dengan kali-kalian sederhana, dengan budget 6 juta misalnya (Harga Laptop Mid End), kita sudah bisa dapat menggunakan RDP dengan spesifikasi yang sama (bahkan lebih) selama 4 tahun lho.
  2. Bayangkan gans, selama 4 tahun bisa pakai komputer yang kuat + Koneksi Internet server standar internasional. Hmmm yaaah kecepatannya berkisar 40 mbps – 10 gbps, dibawah itu sepertinya sudah ga dipake lagi.
  3. Hemat kuota, yap! karena semua aktifitas dan kegiatan berinternet kita sudah menggunakan internet yang include dengan RDP. Kuota dan paket internet kita hanya dipake buat menghubungkan dan mengontrol RDP nya saja. Rada susah juga jelasinnya, tapi pokoknya lebih hemat.
  4. Berasa portable, hah? iya portable, kita bisa akses RDP kita dimanapun, kapanpun, walaupun dengan perangkat yang beda-beda. Bahkan pakai smartphone pun kita bisa gunakan RDP.
  5. Go Green, Laptop jadul nan lemot yang saya gunakan sebagai media kontrol RDP jadi ga tersiksa lagi. Yang biasanya heat sink nya panas dan mengamuk sekarang udah slow….
  6. Keren, yap yang terakhir ini murni penilaian pribadi. Hidup saya berasa lebih lebih keren aja dengan menggunakan RDP sebagai komputer pribadi.

Kekurangan Menggunakan RDP

Segala sesuatunya memiliki kelebihan dan kekurangan, tentu rumusan itu juga berlaku buat adegan semacam ini, berikut kekurangannya:

  1. Bergantung dengan internet, tapi kayanya ini dah biasa banget dan bisa dimaklumi. Selama ini saya juga ga bakal sentuh laptop atau komputer kok kalo ga ada akses internet.
  2. Bergantung dengan Cloud Storage, hmmm ga ada masalah sih, kecepatan internetnya kan setengah dewa. Dari dulu juga hidup saya sudah cloud banget kok, semua urusan kantor, bisnis dan pribadi saya simpan di platform yang beda-beda.
  3. Harus teliti memilih tempat sewa, pahami tosnya, bila perlu tanyakan secara gamblang perihal jika dan bagaimana nya sebelum ambil kontrak. Atau sewa saja dulu untuk durasi uji coba sebulan atau 2 bulan sebelum kontrak panjang.
  4. Keamanan data, makanya usahakan semua yang penting-penting di cloud aja, di lokal hanya sifatnya yang temp.
  5. Ga bisa pamer, iya ga bisa show off kaya mastah-mastah yang nongkrong di caffe sambil laptopan hihg end. Padahal nyelemin wifi gretongan aja.

Nah itu lah sedikit cerita dan pengalaman MrJx yang memutuskan untuk menggukan RDP sebagai pelampiasan sementara. Semoga tulisan Beli Laptop Baru vs Sewa RDP, Solusi Laptop Jadul yang Lemot ini bisa menjadi manfaat bagi semua. Sekian…

  5 Alasan Paling Top Kenapa Cewek Nyebelin Saat PMS
Gambar Gravatar
"It is one thing to use a weapon, but another to kill." - Ragnar Lothbrok-------s2e2

Tinggalkan Balasan