terbaru Cara Buat Judul Postingan Blog Yang Ramah SEO
terbaru Cara Buat Judul Postingan Blog Yang Ramah SEO

Cara Buat Judul Postingan Blog Yang Ramah SEO Gaya Baru

Posted on

Cara Buat Judul Postingan Blog Yang Ramah SEO – Judul adalah sebuah kalimat yang menjiwai isi keseluruhan dari suatu konten atau artikel. Namun banyak sekali orang yang tidak mau ambil pusing menyoal judul. Padahal judul adalah hal yang paling pertama dilihat oleh calon pengunjung, entah itu di mesin pencari maupun di website anda.

Banyak orang yang tergiur hanya karena penulisan judul yang menarik, walaupun konten yang disajikan sama saja dengan yang lain. Untuk itu, setiap webmaster harus memiliki keahlian dalam menulis suatu title tag yang seo friendly. Ada beberapa tips dan trik untuk menulis judul, yang pastinya mampu membuat orang-orang tertarik. Berikut adalah tekniknya :

1. Cara Buat Judul Postingan Blog Yang Menarik

Artikel yang baik adalah yang memiliki nilai lebih tinimbang artikel lain. Biasanya orang akan suka dengan nilai lebih tersebut. Dengan alasan itu, judul yang bagus juga harus bisa memperlihatkan apa kelebihan dari artikel itu. Contoh judul yang memaksimalkan kelebihannya untuk menggaet pengunjung adalah :

a. Contoh Soal UN SMA Matematika plus Jawabannya
b. Tutorial Membuat Layang-layang Beserta Videonya

Biasanya judul yang memperlihatkan kelebihan ditulis dengan tambahan kata “plus”, “beserta”, dan kata-kata lainnya. Misalkan saja kelebihan itu tak ditulis, mungkin orang akan berpikir dua kali untuk mengunjungi blog anda.

2. Buat Judul Yang Memicu Rasa Penasaran

Judul Blog Yang Ramah SEO – Dengan membuat orang penasaran, anda harus bisa membuat judul yang mampu memainkan psikologi calon pembaca. Cara untuk membuat orang penasaran cukup sederhana, yakni dengan memberikan mereka pertanyaan, beri dampak, dan beri penegasan. Contoh judul yang sesuai dengan kriteria ini adalah :

a. Sudah Diet Tapi Berat Bedan Tidak Turun? Ternyata Ini Penyebabnya
b. Hal Mengerikan Ini Akan Terjadi Jika Sembarangan Pencet Jerawat
c. 7 Hal Haram Ini Jangan Dilakukan Jika Tak Ingin Blog Sepi

Intinya mainkan perasaan calon pengunjung dengan kata-kata yang mampu membuat mereka penasaran. Sebenarnya judul dengan pertanyaan sangatlah manjur untuk membuat orang tertarik. Tapi jangan sampai membuat semua judul dengan pertanyaan, itu akan membuat website terlihat aneh.

  6 Cara Paling Mudah Menciptakan Konten Yang Berkualitas

3. Gunakan Angka Biar Jadi Blog yang Ramah SEO

Angka disini menunjukkan poin-poin yang disampaikan di dalam artikel anda. Misalnya di artikel anda terdapat 10 cara untuk melakukan sesuatu, maka manfaatkan itu sebagai judul artikel. Misalnya saja seperti judul ini :

a. 10 Game Arcade Ini Sangat Cocok Dimainkan Saat Boring
b. 7 Cara Ampuh Untuk Menghemat Baterai Android

Tujuan dari penggunaan angka adalah untuk menunjukkan seberapa banyak poin yang didapat pengunjung dari hanya membaca satu artikel. Ingat, pengunjung itu suka hal yang simple, jadi mereka ingin mendapat info terbanyak namun dengan cara cepat. Usahakan poin yang diberikan lebih banyak dari artikel kompetitor, tentu tujuannya agar pengunjung lebih memilih artikel anda.

4. Tawarkan Konten Yang Lebih Spesifik

Maksudnya adalah, buat judul yang diperuntukkan untuk suatu kalangan tertentu. Misalnya adalah bagi orang yang masih sekolah, untuk pekerja, dan kalangan lain. Misalnya adalah :

a. 5 Smartphone Gaming Terbaik Dengan Harga Di Bawah 5 Juta
b. Cara Diet Terampuh Bagi Wanita Pasca Melahirkan
c. Bukan Orang Malang Jika Belum Berkunjung Ke 7 Tempat Wisata Ini

5. Berikan Bukti Yang Terkait

Cara Buat Judul Postingan Blog Yang Ramah SEO – Siapa sih yang tidak percaya jika sudah ada bukti yang ditampilkan. Maka dari itu, agar orang makin percaya dan tertarik untuk membaca artikel anda, buatlah judul dengan tambahan bukti. Dengan itu, otomatis orang akan lebih ingin membaca artikel anda daripada yang belum menyertakan bukti. Berikut adalah contohnya :

a. Ibu 2 Anak Ini Sukses Diet Dalam Waktu 5 Bulan
b. 10 Hal Yang Disarankan Dokter Agar Diet Sukses

Selain memberi contoh, judul yang menarik juga bisa dengan menyertakan saran dari orang terpercaya. Tentunya tujuannya agar calon pembaca lebih percaya dengan tulisan anda.

6. Gunakan Kata Yang Memancing

Kata pemikat sering sekali ditulis oleh para ahli pembuat judul. Sesuai namanya, tujuan dari penggunaan kata pemikat adalah untuk memikat orang-orang agar mau membaca artikel. Beberapa kata pemikat yang sering dipakai oleh orang-orang adalah :

  Review Tempat Beli Domain Terbaik, GoDaddy vs Namecheap

a. Terampuh/Ampuh (7 Cara Terampuh Membasmi Nyamuk)
b. Terbukti (7 Cara Ini Terbukti Mampu Mengusir Nyamuk)
c. Rahasia (7 Cara Rahasia Mengusir Nyamuk)
d. Termudah/Mudah (Cara Mudah Menghilangkan Komedo)
e. Terbaru (Cara Terbaru Untuk Menghilangkan Jerawat)

Bisa juga beberapa kata pemikat di atas digabungkan. Namun jangan sampai terlalu panjang. Misalnya ‘7 Cara Yang Terbukti Ampuh Mengusir Nyamuk’

7. Blog Yang Ramah SEO menggunakan Beberapa Kata Pancingan

Selain hal di atas, ada kata pemikat lain yang kerap ditempatkan di awal atau akhir dari penulisan judul. Walaupun biasanya kerap melebih-lebihkan. Berikut adalah kata pemikat tersebut :

a. Mengerikan (Mengerikan, Pria Ini Tangkap Video Hantu Pocong)
b. Luar Biasa (Luar Biasa, 7 Rekor Dunia Ini Berhasil Dipecahkan Orang Indonesia)
c. Gila (Gila! 5 Hal Sepele Ini Bisa Bikin Kamu Kena Hukuman Mati Di Korea Utara)
d. Dll

8. Panjang Maksimal Judul Postingan 60 karakter

Sebenarnya, 7 poin di atas adalah 7 cara pembuatan judul yang baik yang mampu memikat calon pengunjung. Namun pada poin kali ini tujuannya adalah agar seo friendly. Membuat judul yang tidak sampai 60 karakter bertujuan agar judul tidak terpotong saat berada di hasil penulusuran mesin pencari.

Saat judul terpotong itulah yang akan membuat orang tidak tahu kelanjutan judulnya, sehingga mereka akan acuh, dan memilih artikel lain. Sangat disayangkan bukan jika pengunjung harus hilang karena ‘hanya’ judul yang kepanjangan.

Nah itulah 8 Cara Buat Judul Postingan Blog Yang Ramah SEO MrJx, kalo ada yang mau dikurangin atau ditambahiin, mari kita bahas di kolom komentar. Semoga bermanfaat…

Gambar Gravatar
"It is one thing to use a weapon, but another to kill." - Ragnar Lothbrok-------s2e2

Tinggalkan Balasan