3 Cara Mencari Keyword Terbaik Untuk Postingan Blog


Cara Mencari Keyword Terbaik Untuk Postingan Blog
Cara Mencari Keyword Terbaik Untuk Postingan Blog

3 Cara Mencari Keyword Terbaik Untuk Postingan Blog – Hal paling penting untuk bisa mendapatkan pengunjung dari mesin pencari adalah keyword. Apabila kata kunci yang dibidik tepat, maka akan menghasilkan banyak sekali orang yang berkunjung ke website anda.

Namun agar hal tersebut bisa terjadi, maka yang harus dilakukan adalah dengan melakukan riset keyword. Tujuan dari hal ini adalah agar mampu mendapatkan keyword yang sesuai dan sedang banyak dicari.

Sebelum memulai lebih jauh, ketahui dulu apa itu keyword. Dalam ilmu internet, keyword merupakan kalimat yang diketik pada mesin pencari, dinamakan kata kunci jika dalam bahasa Indonesia. Dalam bidang SEO, keyword sendiri memiliki beberapa pembagian dan jenis, yakni long tail keyword dan short tail keyword.

Short tail keyword adalah kata kunci yang memiliki maksimal 2 kata, biasanya jenis yang ini memiliki tingkat persaingan di mesin pencari sangat ketat. Contoh kata kunci ini adalah Lagu, Lagu Dangdut, Laptop, Laptop Gaming, dan lain-lain. Sedangkan Long Tail Keyword adalah kata kunci yang terdiri dari minimal 3 kata, dan biasanya turunan dari versi short tail.

Misalnya Lagu Barat Terbaru, Download Lagu Dangdut, Daftar Laptop Gaming Harga 10 Jutaan, dan lain-lain. Biasanya, dalam melakukan riset keyword, orang akan mencari long tail keyword, namun tetap memadukannya dengan yang short tail.

Cara Mencari Keyword Terbaik

Setelah mengetahui pengertian dan jenis keyword, maka tahap selanjutnya adalah cara riset kata kunci dengan tool gratis. Walaupun gratis, namun hasilnya tetap memuaskan dan sangat mudah digunakan. Saat tool keyword terbaik adalah Google KeywordPlanner, yang memang buatan mesin pencari nomor satu, Google. Namun di bawah akan dibahas secara lengkap cara riset keyword terbaik :

Terkait dengan  Rahasia Meningkatkan Trafik Atau Pengunjung Blog Yang Efektif

1. Menggunakan Google KeywordPlanner

Tentu saja yang pertama adalah yang terbaik saat ini. Untuk bisa mendapatkan data kata kunci menggunakan tool ini, anda harus daftar dahulu menggunakan gmail masing-masing. Sedangkan untuk tutorial menggunakannya adalah seperti di bawah ini :

  1. Sign In dulu ke https://adwords.google.com/KeywordPlanner
  2. Apabila sudah masuk ke halaman Overview, pilih ‘Tools’ yang berada di atas.
  3. Fokus pada bagian Planning, Di sana anda pilih ‘KeywordPlanner’
  4. Pilih ‘Find Keyword’
  5. Ketikkan kata kunci yang ingin dicari. Saya anjurkan memakai short tail keyword. Misalnya adalah ‘Cara Mencari Keyword Terbaik Untuk Postingan Blog’ kemudian tekan ‘Get Started’
  6. Maka akan muncul kumpulan kata kunci yang bisa anda tulis di artikel masing-masing. Contoh kata kunci yang didapat adalah ‘laptop gaming murah’, ‘laptop gaming asus’, ‘laptop gaming 2018’, ‘jual laptop gaming’, dan lain-lain.

Setelah mendapat keyword long tail, maaka tahap selanjutnya adalah dengan menempatkan kata kunci itu pada artikel. Sebar kata kunci itu di setiap sudut agar nantinya saat dirayapi oleh bot mesin pencari hasilnya masksimal. Jika dirasa dari mencari keyword dengan cara ini kurang maksmial, bisa juga dengan menggabungkan kata kunci yang didapat dari cara di bawah ini.

2. Cara Mencari Keyword dengan Menggunakan Ubersuggest

Tools riset keyword alternatif KewordPlanner adalah Ubersuggest. Sebenarnya kedua alat seo ini cukup hebat dalam memberikan saran kata kunci, sehingga kerap disarankan oleh para ahli untuk riset. Untuk melakukan riset keyword dengan Ubersuggest yang harus dilakukan adalah :

  1. Masuk ke https://neilpatel.com/ubersuggest/
  2. Pada bagian ‘Enter in a keyword or phrase’ tulis kata yang ingin ditulis. Sedangkan yang disampingnya pilih web. Untuk negara, pilih saja Indonesia jika targetnya memang negara itu.
  3. Klik ‘Look Up’
  4. Maka akan muncul berbagai macam kata kunci yang bisa ditambahkan pada artikel.
Terkait dengan  5 Bisnis Online Modal Kecil, Cara Dapat Duit Dari Internet Pakai Hp

Saat mencoba riset short tail ‘laptop gaming’ pada ubersuggest, hasilnya tidak jauh beda dengan KeywordPlanner, Malah kebanyakan hasilnya adalah long tail keyword yang kerap dicari orang. Kata kunci yang didapat adalah ‘harga laptop gaming murah’, ‘laptop asus gaming murah’, dan kata kunci lain. Disana juga disediakan Search Volume, jadi anda bisa tahu volume pencarian dengan keyword tersebut.

3. Riset Keyword Menggunakan AddOns Keyword Everywhere

Untuk menggunakan AddOns ini, maka yang diperlukan hanyalah browser, entah itu Firefox atau Chrome. Untuk mendapatkan plugin ini cukup gampang, langkah-langkahnya adalah :

  1. Cari ‘Keyword Everywhere’ di Google
  2. Pilih Chrome Web Store jika pengguna Chrome dan pilih Add-ons For Firefox jika menggunakan Firefox
  3. Install atau tambahkan plugin tersebut ke browser masing-masing
  4. Saat terpasang, anda harus memasukkan email untuk mendapatkan API Key
  5. Masuk ke email, dapatkan API Key dengan cara klik link yang diberikan pada email
  6. Tekan logo Keyword Everywhere di pojok browser, lalu pilih Update Setting
  7. Masukkan API Key tadi kemudian setting country dan currency
  8. Klik Validate

Setelah selesai menambahkan Add Ons ini di browser masing-masing, maka langkah selanjutnya adalah riset keyword dengan bantuan plugin ini. Caranya sangat mudah, yakni seperti berikut :

  1. Masuk ke Google
  2. Tulis kata kunci sesuai selera, misal ‘Cara Mencari Keyword Terbaik”
  3. Maka di bagian samping akan muncul puluhan long tail keyword beserta search volumenya.
Terkait dengan  Cara Membuat Website atau Blog Yang Menarik Pembaca

Contoh kata kunci yang saya dapat dari menggunakan Add-Ons ini adalah ‘laptop gaming 7 jutaan’, ‘harga laptop gaming asus’, ‘laptop gaming murah 4 jutaan’, dan lainnya. Dan kebanyakan adalah long tail keyword.

Sip itulah 3 cara riset atau cara mencari keyword terbaik untuk postingan blog, tentunya secara gratis gan. Selamat mencoba…


Lothbrok

"It is one thing to use a weapon, but another to kill." - Ragnar Lothbrok-------s2e2

2 Comments

Tinggalkan Balasan