Cara Mengatasi Pikiran Negatif kepada Orang Lain

IndoTops – Bersikap konkret terhdap apapun merupakan nilai konkret yang bisa kita lakukan setiap saat. Cara kita memandang seseorang dengan perilaku konkret akan berdampak pada kepribadian yang jauh lebih baik. Selain itu, keberadaan Anda dengan orang disekitar akan membawa keberkahan dan kenyamanan.

Ketidakadanya kecurigaan serta hilanganya negatif thinking juga menciptakan Anda dipercaya orang orang di sekitar Anda. Sikap pikiran negatif ke orang lain (suudzon) harus dihilangkan dan diganti dengan sikap berbaik sangka ke orang lain (husnudzon). Di dalam kitab suci umat Islam, yakni al-Quran, tepatnya di Surah Al Hujurah, telah diperintahkan untuk menjauhi prasangka buruk ke orang lain. Nah, sudahkah Anda berfikiran konkret terhadap orang lain? Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk berikir terhadap orang lain.

1. Selalu Menggunakan Kata Positif

Jika Anda ingin berfikir konkret terhadap orang lain, maka gunakan kata kata yang konkret juga. Ketika Anda memakai kata kata tersebut akan menciptakan Anda berfikir lebih baik dan tidak underestimate. Terlebih lagi, orang orang disekitar Anda akan lebih nyaman dengan perkataan Anda yang membangun dan tidak merendahkan.

2. Minimalkan perasaan negatif atau Underestimate

Berpola pikir konkret memang susah bila hanya di angan angan saja. Segala godaan yang ada disekitar Anda akan menciptakan Anda tergoyah pikiranya. Usahakan Anda selalu berfikir konkret terhadap apapaun. Jangan biarkan Anda dan perasaan negataf timbul dalam diri Anda. Lebih baik berdiam ketika Anda melihat atau mencicipi hal negatif disekitar Anda.

3. Gunakan kata terbaik yang membangun kekuatan

Pikiran Anda yang dari dulu berpola sesuai kebiasaan dan kepribadian akan membangun perkataan Anda. Bagaimana Anda berucap dan bertingkah sejatinya berasal dari hati dan kebiasaan Anda. Cobalah untuk memakai kata kata yang mengisi pikiran Anda untuk menciptakan Anda lebih berpengaruh dan membangun kesuksesan.  Anda akan jauh lebih meras lebih kompeten dan tidak gampang menyerah.

4. Melatih berfikir positif

Cara ini akan efektif bila didorong oleh perasaan berpengaruh dala diri Anda. Anda sanggup mengolah pikiran Anda dengan membangun kepercayaan diri dengan membatin kata kata dalam diri Anda. Seperti menegaskan diri Anda bahwa Anda bisa dan pantas bahagia. Dengan demikian, Anda akan selalu berfikir konkret terhadap apa saja yang ada disekitar bahkan yang menimpa Anda.

5. Arahkan Pikiran pada hal yang mebahagiakan

Ya, berfikir positof terhadap orang lain jauh lebih susah dibandingkan merendahkan atau negatif. Nampak dari luar seseorang akan lebih gampang untuk dilihat dan dinilai. tetapi, jangan hingga pikiran Anda mengarah ke hal tersebut. Usahakan Anda mengarahkan pikiran Anda ke hal yang positif. Bisa juga Anda mengarahkannya semoga tidak merasa iri, duka dan cemas atau cemburu. Cara ini sudah teruji dan sangat sempurna di gunakan oleh para psikoterapis

6. Bangun percaya diri Anda

Membangun kepercayaan diri untuk tetap berkarya yaitu cara selanjutnya semoga Anda tetap berfikit positif. Ketika Anda percaya akan diri Anda, maka Anda cenderung lebih berhasil dibandingkan merasa rendah. Ketika Anda merasa rendah diri, maka kecenderungan negatif thinking akan lebih besar.

7. Segera perbaiki kesalahan

Jika Anda merasa bersalah dengan seseorang atau tindakan Anda maka lebih baiks egera perbaiki permasalahan Anda. Sehingga kedepan Anda akan merasa lebih baik dan bisa mencar ilmu dari kesalahan Anda. Hal ini akan menjauhkan Anda dari perasaan bersalah dan tetap berfikir positif.

8. Beri pujian

Mengakui keberhasilan orang lain akan membangun jiwa kesatria Anda. Jiwa ini hanya dimilki oleh seseorang yang mempunya aksara visioner dan berfikir positif. Mulailah dengan hal kecil dengan mengucap selamat dan meminta cara mencapai kesuksesan tersebut.

9. Memaafkan diri Anda

Cara ini yaitu cara untuk introspeksi diri. Setiap kesalahan yang Anda lakukan niscaya Anda lakukan dengan sadar atau dengan ketidak sadaran Anda. Jika Anda tidak memulai untuk memafkan diri Anda dan segera memperbaika maka Anda akan menyalahkan diri Anda secara terus menerus. Sehingga secara contoh pikir Anda akan kehilangan kepercayaan.

10. Belajar dari kesalahan

Setelah Anda mengetahui kesalahan Anda, maka belajarlah dari situ. Menghargai orang lain baik itu pendapat, hasil, karya atau kesuksesan akan berdampak baik pada Anda. Anda akan termotivasi untuk mencapai kesuksesan dari kesalahan Anda. Berfikir konkret itu penting dan mulailan dari kesalahan diri Anda.

Memiliki kepribadian dan gaya hidup dengan berfikir konkret akan membangun Anda. Kesadaran dan aksara Anda akan jauh lebih baik ketika berfikir konkret terhadap apapun. Percayalah bahwa perilaku postif akan membawa keberkahan.