Cara Mudah Membuat GIF Dari Film Atau Anime

Posted on

GIF atau Graphics Interchange Format, adalah format gambar digital yang seperti klip video berdurasi pendek, GIF telah menjadi salah satu hal yang paling sering muncul baik di Facebook, Line, Watsapp maupun di berbagai media sosial dan aplikasi messaging lainnya, Lalu bagaimanakah caranya membuat GIF? Artikel ini akan mengajarkan bagaimana cara mudah membuat animasi GIF dari film atau anime

Pertama-tama siapkan perengkapan dan tools yang bakal dibutuhin dalam membuat sebuah gif. diantaranya:
1. sebuah file film (berformat mkv/mp4, min 720p).
2. KMPlayer
3. Adobe Photoshop CS3 atau lebih
4. RAM yang besar
5. kesabaran

alasannya:
1. 720p itu format standar, jadi gak terlalu besar sizenya, gak terlalu kecil juga. karena kalo terlalu kecil, bisa pecah nantinya.
2. ini tools yang biasa saya pake. kalau kalian ada tools sendiri untuk extract frame, silahkan saja.
3. saya pake CS6.
4. cukup 8GB, kalau punya yang ukuran lebih ya bagus.

kalo semua udah siap, mari kita mulai.
1. pertama buka KM Player, kemudian play film/animenya. pause dibagian sebelum adegan/scene yang mau dijadiin gif.
2. klik CTRL+G di KM Player, nanti akan muncul dialog box dibawah ini.

klik CTRL+G di KM Player
klik CTRL+G di KM Player

Sedikit penjelasan

prefix: yang nantinya bakal jadi nama file hasil capturean
digits: limit digit capturan, defaultnya 3, jadi max sampe 999 frame. tapi biar bisa lebih dalam numbering, saya ubah jadi 4, max 9999. demi menghindari terjadinya crash karna numberingnya tabrakan.
method: pilihan, mau capture frame dengan subs, atau tanpa subs. perlu di ketahui, sebagian film ada yang subnya ikut ke capture apapun settingannya (hardsub), dan ada yang ngga keikut meskipun sudah pilih “with msg, subtitles” (softsub/separate sub).
specific size: 500×281 kenapa? karna kalo ngikutin original, gue berani jamin, PC/laptop kalian bakal ngehang dan not responding, atau bahkan blue screen. kecuali kalian ngedit pake Asus ROG, Razer Blade, atau antek-anteknya. inilah kenapa gue minta RAM yang besar.
2. kemudian tekan start dan play videonya sampe scenenya yang di inginkan, frame bakal kerekam di background seiring video di putar. saat scenenya sudah lewat, stop recording dengan menekan CTRL+G -> stop (untuk memunculkan dialog boxnya lagi).
3. buka direktori hasil recordnya (cek gambar sebelumnya), nanti akan muncul seperti ini. keliatannya banyak yang sama, namun sebenernya nggak. setiap frame berbeda pixelnya, tipis banget. disinilah kesabaran dibutuhkansetiap frame berbeda pixelnya

  Hari Valentine, Waktunya Jomblo Ambil Pensiun

4. seleksi dan hapus beberapa file yang hampir mirip dan identikal dengan frame sebelumnya. kalo gue, biasanya biar gak ribet, gue hapus tiap jeda 1 frame. jadi yang gue olah cuma frame dengan penomoran ganjil doang, atau genap doang. kadang tiap 2 frame, variasi sih, suka2 aja

seleksi dan hapus beberapa file
seleksi dan hapus beberapa file

Hapus juga scene yang elu kira sampah/ga penting, tapi inget, lompat framenya jangan sampe keliatan kalo ada puluhan frame yang kehapus. dibikin pas sama transisi scenenya aja. pangkas habis jumlah frame yang mau dijadiin gif, jangan lebih dari 250 frame utk sebuah gif
5. kalo udah, kemudian buka Photoshop. pilih file > scripts > load files into stack. trus insert > select file frame yang tadi di seleksi secara berurutan dari atas sampe paling akhir. jangan select dari tengah atau dari paling akhir karna urutannya bisa berantakan.

buka Photoshop. pilih file > scripts > load files into stack
buka Photoshop. pilih file > scripts > load files into stack

6. kemudian klik window > timeline

6. kemudian klik window > timeline

7. klik option (gambar kecil di menu timeline), pilih “make frame from layers”

7. klik option (gambar kecil di menu timeline), pilih "make frame from layers"

8. nanti akan muncul banyak frame di menu timeline. kemudian klik lagi optionnya, lalu pilih “select all frames”

9. setelah udah select all, klik kotaknya lagi, pilih “reverse frame”. karna saat load file into stack tadi, frame terakhir berada pada layer teratas dan setelah di “make frame from layer”, posisi urutannya jadi terbalik

10. kali ini atur tempo. klik lagi option > select all, kemudian atur tempo animasinya. gue pribadi jarang ngubah2 karna yang dihapus cuma jeda 1-2 frame pas diawal tadi. note: kalo di play keliatannya akan cepet banget, tapi hasilnya nggak secepat di photoshop. jangan diubah lebih dari 0.2 second, karna akan jadi lambat banget. balik lagi, karna kita sudah seleksi jeda 1-2 frame, jadi main di 0.0, 0.1 atau 0.2 aja.

  MISSION IMPOSSIBLE : FALLOUT Menguasai Box Office Minggu ini

gif

11. kalo dirasa udah sip, klik file > save for web. jangan save as, beda lho.

12. dialog box save. kalo mau kualitas terbaik, jangan ada yang diubah lagi. langsung save. apapun yang diubah akan berdampak dengan kualitas gifnya. sebagai contoh, kalo colors diubah dari 256 ke 128, size file akan mengecil, tapi ketajaman warna berkurang.

13. last but not least. ingat! sebelum save as, liat ukuran filenya. untuk bisa diupload ke twitter, file gak boleh lebih dari 15MB. so, kalo masih dibawah itu, aman. gimana kalo 15MB lebih? nah, mainin tuh dicolors, turunin dari 256 jadi 128, atau turunin lagi jadi 64, dst.

udah diturunin tapi file size tetep lebih dari 15MB? berarti harus ngurangin lagi jumlah framenya. (refer ke step 4). sebuah gif jangan lebih dari 250 frame. gue biasanya 240an. kalo udah, save. lalu upload ke twitter, Facebook Watsapp dll. good luck.

nih hasil contoh gif yang ada di tutorial. ini dari 100 frame yang pangkas habis jadi 48 frame doang.

Gambar Gravatar
Bukan penulis tapi suka nulis, Seorang penakut yang paling berani.. Sebuah Perjalanan !! pecinta kopi !! penikmat senja !!

Tinggalkan Balasan