Cryptocurrency, Mata Uang Digital Paling Populer 2018
Cryptocurrency, Mata Uang Digital Paling Populer 2018. Foto: financialtribune.com

Cryptocurrency, Inilah 12 Mata Uang Digital Paling Populer 2018

Posted on

Cryptocurrency, Inilah 12 Mata Uang Digital Paling Populer 2018 – Cryptocurrency atau mata uang digital saat ini tengah menjadi perbincangan banyak orang. Namun yang paling banyak diperbincangkan adalah bitcoin, salah satu dari sekian banyak mata uang digital.

Mata Uang Digital Paling Populer 2018

Wajar saja, mengingat dia adalah cryptocurrency pertama dan saat ini menjadi mata uang dengan nilai tertinggi. Padahal, saat ini telah ada ribuan mata uang digital, dan 12 cryptocurrency paling populer di bawah ini hanya sebagian kecilnya saja :

1. Bitcoin (BTC)

Sesuai yang telah disebutkan di atas, bitcoin merupakan cryptocurrency pertama. Pembuatnya adalah orang dengan nama Satoshi Nakamoto pada 3 Januari 2009. Sebagai uang digital, dengan penggunaan bitcoin maka orang bisa melakukan transaksi online secara langsung, tanpa perantara lembaga keuangan layaknya perbankan.

Saat ini bitcoin menjadi cryptocurrency termahal dengan nilai $7,924.93 atau setara dengan 114 juta rupiah per Juli 2018.

2. Ethereum (ETH)

Ethereum adalah cryptocurrency yang dirancang oleh Vitalik Buterin dan Gavin Wood. Rencana perancangan ethereum dimulai tahun 2013, namun transaksi pertama yang tercatat pada blok ethereum adalah pada 30 Juli 2015.

Saat ini nilainya mencapai $463.61 atau setara dengan 66 juta rupiah, dan berada di belakang Bitcoin sebagai mata uang digital terpopuler.

3. Ripple (XRP)

Ripple pertama kali diluncurkan pada tahun 2012 oleh Ripple Labs Inc.. Pada awal kedatangannya, ada dua pihak yang menjadi investor, yakni Andreessen Horowitz dan Google Ventures. XRP sendiri menjadi mata uang digital yang memiliki market cap (kapitalisasi pasar) sebesar $17,607,686,108, dan menjadi perongkat ketiga dibawah bitcoin dan ethereum.

Walaupun punya market cap besar, nilainya tidak terlalu tinggi, yakni hanya sebesar $0,447844 saja. Namun mereka punya kelebihan, yakni mampu menangani 1500 transaksi per detik. Mereka juga mampu menyelesaikan transaksi pembayaran hanya dalam waktu 3 sampai 4 detik, ini adalah waktu yang lebih cepat daripada bitcoin.

Harga Koin Crypto 2018, Bitcoin, Ethereum, Ripple
Harga Koin Crypto 2018, Bitcoin, Ethereum, Ripple

4. Bitcoin Cash (BCH)

Kemunculan bitcoin cash adalah karena pengembangnya ingin menjadikannya sebagai alternatif bitcoin yang lebih baik. Dengan penggunaan bitcoin cash, maka biaya transaksi dan kecepatan penyelesaian transaksi sedikit lebih baik.

Saat ini mereka punya nilai yang cukup tinggi, yakni berada di kisaran $798.30 dengan kapitalisasi pasar $13,778,263,433. Sangat baik untuk cryptocurrency yang baru diluncurkan pada Agustus 2017.

  Aku Cinta Produk Indonesia, 6 Merk Lokal Yang Terkenal Di Dunia

5. Litecoin (LTC)

Semenjak kemunculan bitcoin pada tahun 2009, belum ada pesaingnya yang datang, dan baru 2 tahun setelahnya hadir Litecoin. Penciptanya adalah Charlie Lee yang saat itu menjabat sebagai karyawan Google.

Mereka memiliki kelebihan yang mampu mengonfirmasi transaksi lebi cepat dari bitcoin. Saat ini Litecoin memiliki market cap sebesar $4,761,469,304 dengan nilai $82.68.

Cryptocurrency Paling Top 2018

6. DASH

Sama halnya dengan Litecoin, DASH juga menjadi cryptocurrency yang menjadi fork dari bitcoin. Hal ini membuat mereka mendapat sebutan altcoin. Dash atau sebelumnya disebut dengan darkcoin diluncurkan oleh Evan Duffield pada Januari 2014 dengan nama awal darkcoin.

Perubahan nama menjadi dash dilakukan pada Maret 2015. Saat ini mereka memiliki kapitalisasi pasar sebesar $1,981,918,406 dengan harga $241.19.

7. Monero (XMR)

Penulis asli monero adalah Nicolas van Saberhagen, namun kini dikembangkan oleh suatu komunitas pecinta cryptocurrency. Awal perilisannya adalah mulai 18 April 2014 dengan algoritmanya bernama Ring Signature.

Saat ini monero memliki kapitalisasi pasar sebesar $2,232,611,688 dengan harga $137.29. Pada tahun 2016, Darknetmarkets menjadikan monero sebagai mata uang. Karena hal itu, monero menjadi cryptocurrency dengan harga yang stabil, walaupun penggunanya masih sedikit.

8. EOS

EOS adalah token cryptocurrency yang beroperasi sebagai platform smart contract. Kontrak pintar (smart contract) sendiri adalah protokol yang memfasilitasi kontrak secara digital.

Dengan begitu, EOS tidak memerlukan pihak ketiga, karena memiliki algoritma tersebut. EOS sendiri diluncurkan pertama kali pada Januari 2018, namun sudah memiliki kapitalisasi pasar sebesar $7,435,352,336.

Cryptocurrency dengan nilai $8.30 tersebut mengklaim bahwa mereka tidak akan memberikan biaya transaksi. Mereka juga sanggup melakukan transaksi jutaan hanya dalam waktu beberapa detik saja. Wajar namanya melambung tinggi walau belum lama muncul.

9. Stellar (XLM)

Pendiri stellar adalah Jed McCaleb dan Joyce Kim pada tahun 2014. Pengembang stellar, Stellar Development Foundation telah melakukan banyak bentuk kerja sama dengan perusahaan lain, seperti IBM, Keybase, dan KlickEx. Sekarang, market cap untuk stellar adalah $5,790,851,728, namun sayangnya memiliki harga cukup kecil, yakni sekitar $0.308559 saja.

Tentang XLM Coin Digital IBM 2018
Tentang XLM Coin Digital IBM 2018

10. Cardano (ADA)

Cardano adalah cryptocurrency yang berjalan menggunakan sistem blockchain. Pengembangnya adalah Input Output Hong Kong (IOHK) dan pemimpin pengembangannya adalah Charles Hoskinson.

  Fakta Tentang Bitcoin Di Indonesia, Kenapa Bitcoin Dilarang Pemerintah

Saat ini cardano memiliki market cap sebesar $4,239,231,595. Walaupun secara market cap menempati peringkat 8, namun cardano memiliki harga yang rendah, yakni hanya $0.163506 saja.

Data kapitalisasi pasar (market cap) dan harga (price) cryptocurrency di atas diambil pada 27 Juli 2018. Untuk sumbernya didapat dari coinmarketcap.com.

11. Cyronium (CYR)

Okeh yang satu ini belum termasuk mata uang digital paling populer saat ini ya, masih calon populer tapinya. Cyronium siterbitkan dan dikelolah langsung di Indonesia. Merupakan satu-satunya coin atau crypto atau mata uang digital yang memiliki jaminan fisik berupa logam mulia.

Untuk harga, saat ini Cyronium CYR masih berkisar 25 juta rupiah per 1 koinnya. Namun dipasar lokal, CYR sudah bisa kita dapatkan hanya dengan per 25 ribu rupiah saja gans, atau sekitar 0,001 CYR.

12 . Ronaldinho Soccer Coin (RSC)

Oya ada lagi nih, heheee. Crypto yang satu ini terbilang yang paling segar diantara semua diatas. Dirilis bulan juni tepat sebelum ajang akbar FIFA World Cup 2018. Didirikan dan dikembangkan langsung oleh suhu Ronaldinho, bertujuan sebagai media penggalangan dana sih.

Namun yang namanya Cryptocurrency, tentu koin mata uang digital yang satu ini tak akan luput dari lirikan para-para investor Crypto. Sehingga sangat dimungkinkan untuk meledak, apalagi kalo aktor-aktor lapangan hijau tertarik buat invest ke RSC. Bisa-bisa dalam waktu singkat bisa kalahkan Bitcoin harganya, mengingan mereka duitnya yang ga tanggung-tanggung gitu.

Karena terbilang baru, jadi mata uang digital yang satu ini kita kategorikan sebagai Koin Crypto calon paling populer ya gans. Sekian review tentang Cryptocurrency, Inilah 12 Mata Uang Digital Paling Populer 2018. Semoga bermanfaat…

Update…..

Sebetulnya masih ada banyak lagi mata uang digital yang tergolong paling populer saat ini, seperti Doge, Bitcoin Gold, Storiqa, Tron dan lain-lainnya. Dengan mempertimbangkan kenyamanan pembaca, jadi nanti beberapa hari kedepan saya tulis lagi artikel tentang Mata Uang Digital Paling Populer veri 2 nya.

Gambar Gravatar
"It is one thing to use a weapon, but another to kill." - Ragnar Lothbrok-------s2e2

One thought on “Cryptocurrency, Inilah 12 Mata Uang Digital Paling Populer 2018

Tinggalkan Balasan