Festival kutai kartanegara
Festival kutai kartanegara

Festival Budaya Kutai Kartanegara EIFAF 2018

Posted on

Festival kutai kartanegara 2018
Festival kutai kartanegara 2018

IndotopsFestival Budaya Kutai Kartanegara kembali akan digelar melalui ajang Erau Adat Kutai and International Folk Art Festival (EIFAF) 2018. Akan berlangsung mulai tanggal 21-29 Juli 2018 mendatang. Sesuai namanya, festival ini akan mempertemukan dan menjadi ajang pamer kebudayaan-kebudayaan lokal, dari Kutai Kartanegara khususnya dan kebudayaan dari mancanegara

Untuk tahun ini, perhelatan budaya Erau Adat Kutai and International Folk Art Festival akan mendatangkan kebudayaan dari 6 partisipan grup mancanegara, Di antaranya, tim kesenian dari negara Hongaria, India, Meksiko, Polandia, Rumania, Turki dan Marnitik, yang merupakan negara persemakmuran Prancis.

Total delegasi kesenian dari 6 negara yang akan ikut berpartisipasi pada pagelaran EIFAF 2018 berjumlah 135 orang. Sementara dari dalam negeri, ada 7 kabupaten dan kota di Indonesia yang akan menampilkan kebudayaan daerahnya dan akan berbagi panggung dengan kebudayaan luar dari 7 negara tersebut, antara lain, Sleman, Yogya, Gunung Kidul, Kulon Progo, Bantul, Bone dan Malang.

Dan kurang lebih ada 78 grup dari berbagai daerah di Nusantara yang akan ikut berpartisipasi menampilkan kebudayaan masing-masing, mendampingi kebudayaan dari Kutai Kartanegara itu sendiri. Sebagai ibukota Kabupaten Kutai, Kalimantan Timur, Tenggarong dipilih menjadi lokasi acara Erau Adat and International Folk Art Festival.
Dari pernyataan yang disampaikan oleh Sri Wahyuni, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kutai Kartanegara yang juga sebagai Festival Director EIFAF 2018, panitia akan menyiapkan 14 venue yang tersebar selama acara berlangsung, Mulai dari Keraton (Museum Mulawarman), Kedaton, Stadion Rondong Demang, Pulau Kumala, dan Gedung Putri Karang Melenu. Pembukaan Erau sendiri akan digelar tanggal 22 Juli 2018 di Stadion Rondong Demang, Tenggarong.

  Saat Di Tuban, Wisata Pantai ini wajib Kalian Kunjungi

Jadwal Acara Festival Budaya Kutai Kartanegara:
Akan ada banyak pelaksanaan kegiatan kesenian dan budaya sepanjang event Erau Adat and International Folk Art Festival 2018 tahun ini, berlangsung yang dimulai dari tanggal 22-29 Juli 2018. Diantaranya:

  • Mulai dari Festival Kesenian dan Budaya daerah Kutai Kertanegara
  • Parade Budaya International
  • Pesta Tari Beseprah
  • hingga ritual Belimpur

Juga acara-acara pendukung lainnya, seperti:

  • Erau Expo dan Bazar Rakyat dan Festival Kesenian Rakyat International yang digelar pada tanggal 22 s/d 28 Juli
  • Permainan Olah Raga Tradisional dan Festival Kuliner yang digelar 23 s/d 28 Juli 2018
  • Pemilihan Taruna Dara Cilik dan Fashion Show Kanak Kutai yang digelar tanggal 25 Juli 2018
  • Tenggarong Hijau dan Kunjungan Budaya pada 26 Juli 2018
  • Upacara Adat Suku Dayak, Beseprah, Upacara Adat Pedalaman, Fest Seni Tradisi Kutai dari tanggal 26 sampai dengan 28 Juli 2018
  • Dan Street Performance 23 s/d 28 Juli 2018
  • Lalu Erau Adat and Folk Art Festival 2018 ini akan ditutup dengan upacara adat sakral yakni Ngulur Naga dan Belimbur atau siram-siraman pada tanggal 29 Juli 2018.

Melalui EIFAF, Kadispar Kukar berharap, Kukar maupun Tenggarong khususnya bisa lebih terkenal sebagai tujuan wisata, dan menjadi salah satu pusat kegiatan seni dan budaya nasional.

  Liburan Bareng Gebetan ?, Kamu Harus Siapkan 6 Hal Paling Top Ini
Gambar Gravatar
Bukan penulis tapi suka nulis, Seorang penakut yang paling berani.. Sebuah Perjalanan !! pecinta kopi !! penikmat senja !!

Tinggalkan Balasan