Genre Musik Trance - Jenis Musik Trance Yang Wajib Diketahui - INDOTOPS

Genre Musik Trance dan Jenis Musik Trance Yang Wajib Diketahui


jenis musik trance, genre musik trance
jenis musik trance, genre musik trance

Genre Musik Trance atau Jenis Musik Trance – Sebetulnya telah lama sekali saya hendak membuat satu tulisan mengenai ini. Namun saya mesti bersabar sampai semua rinci genre telah terposting lebih dahulu. Beberapa subgenre musik trance mempunyai karakter yang umum, namun tempo, melodi dan instrumennya begitu bervariasi.

Berhubung bakal agak panjang, jadi saya bakal coba membuat tulisan ini menjadi unik dan informatif tentunya. Setiap genre bakal saya berikan satu sample lagu yang bisa dijadikan sebagai acuan. Dengan begitu sama-sama kita dapat memahami perbedaan dan persamaan dari masing-masing genre musik trance.

Jenis Musik Trance

1. Trance Klasik

Nah anda awali dengan yang satu ini, walaupun sebenarnya Klasik Trance tersebut tak pernah benar-banar terdapat gans. Tapi bakal suulit mendifinisikannya bila ga anda kasih nama, Klasik Trance ini saya tujukan guna mendefinisikan jenis musik Trance yang hadir kesatu kali.

Subgenre ini terdapat berkisar akhir era 70’an sampai mula 80’an. Musik Trance dengan tempo santai diawal lagu tetapi terus bertambah dipertengahan dan turun lagi diakhir. Komposisinya minimalis gans, nyaris sepanjang lagu seringkali cuma melodi dan instrumen yang di Loop.

Artis, Pianis, atau Keyboardis yang populer dijaman ini laksana La Monte Young, Steve Reich, Terry Riley, Philip Glass dan semacamnya. Terdengar mengherankan bukan?, Tapi saya berpendapat bahwa musik mereka tersebut adalahwujud musik trance yang masih unknown. Dan jelas bagian Klasik atau Classic nya masih mendominasi. Oke biar anda sama-sama jelas tersebut diatas telah saya embed sample lagunya, silakan dinikmati dan definisikan sendiri.

Genre Musik Trance

2. Acid Trance

Tepat laksana tulisan saya dipostingan yang lalu, Acid Trance adalahMusik Trance kesatu yang berhasil dipasaran. Yak sebagai genre tua, ada tidak sedikit keserupaan dengan trance klasik tadi. Diperkirakan ada semenjak tahun-tahun penghujung 80’an.

Acid Trance sendiri dari mula sudah dimainkan dengan perangkat musik elektronik konvensional kala itu. Suara-suara rekaan yang dibuat juga sudah lumayan baik gans. Dipadukan dengan beat dan hentakan yang apa ya, hmmm mungkin Trippy ya istilah di komnunitas house jaman dulu.

Secara sederhana, karakter musik Acid Trance itu dapat dikatakan musik yang mayan enak didengar dan pun enak dijoget gans, walau tersiar agak aneh. Coba saja anda play tersebut sample lagu acid trance yang telah saya embed. Agak susah nemu lagu yang gaya-gaya old gitu gans, banyak sekali sudah di recover sebelum bersarang di Souncloud. Tuh kalo diperhatikan, bagian Goa dan psychedelic sudah tidak banyak terdengar di lagu itu.

3. Progressive Trance

Jenis musik trance ini berlaku sebagai genre transisi di masing-masing jamannya. Jadi rada ga jelas pun gans. Setiap jenis musik Trance yang lahir sesudah Acid akan melewati fase Progress ini sebelum benar-benar sempurna menjadi subgenre sendiri. Kronologinya begini, Acid Trance – saat sedang dikembangkan dirasakan Progressive Trance – sesudah sempurna jadilah Goa, Ambient, Psytrance, Techno dan beda sebagainya.

  Timothee Chalamet Menjadi Target Denis Villeneuve

Karena pertumbuhan yang tanpa henti itulah anda jadi susah untuk mendefinisikan karakter musik Progressive Trance ini. Pada zaman dahulu, kalo terdapat musik trance yang tersiar tidak tergolong pada genre-genre yang telah ada, maka itulah Progressive.

Di zaman kini subgenre Progressive Trance ini kadang tersiar Poppy dan Jazzy gans, sebab sering dikolaborasikan dengan musik Pop atau Jazz yang lagi ngetren. Tuh misal lagunya gans, jajaki saja puter, pribumi adeeeem menghanyutkan gans. Sharon den Adel mempunyai tipikal vokal yang gothic abis, diiringi dengan musik ajaibnya Armin van Buuren, pribumi mantap lah.

4. Goa Trance

Subgenre ini paling unik menurut keterangan dari saya gans. Bagaimana tidak, Goa Trance satu-satunya musik trance yang mengusung kebiasaan Asia, tepatnya India. Sedangkan nyaris seluruh musik elektronik hadir dan berkembang di Eropa.

Goa bukanlah sebatas musik, tetapi sebuah kebiasaan yang berhubungan pemahaman, kepercayaan dan filosofi kehidupan yang melewati sejarah panjang. Semua tersebut dipadukan dengan musik trance yang dulunya Instropektif dan moody. Kebayangkan?

Goa ini abangnya Psytrance gans, ya secara umum karakter musiknya serupa. Kurang lebih perbedaannya melulu pada instrument pelengkap. Kebiasaan dan kebiasaan komunitasnnya juga sama, warna, gaya dan festivalnya pun tidak jarang disamakan. Goa trance ialah subgenre trance yang perumahan dan telah terstruktur, sehingga tidak sedikit sub genre musik trance lainnya berasal dari pengembangan Goa Trance tersebut sendiri.

5. Psytrance atau Psychedelic Trance

Psytrance ialah jenis musik trance Psychedelic yang disingkat, jadi tidak boleh ragu kalau tersebut sama gans. Seperti yang saya katakan tadi kan, Psytrance penuh akan bagian Goa yang selaku abangnya. Perbedaan karakter terletak pada hasil keadaan yang tercipta.

Disaat Goa Trance membuat nuansa organik dan tradisional, Psytrance melawannya dengan nuansa musik futuristik dan Elektronik banget gitu gan. Musik Psychedelic juga ingin lebih tidak sedikit menyematkan suara Ambient yang Sci-Fi, sebagaimana pendahulunya Acid Trance.

Tuh coain samplenya gans, Psytrance tersiar lebih Deepy daripada Goa yang rada rame. Hentakan bass menjadi instrumen dasar nyaris di sepanjang lagu, pun dengan tempo yang lebih cepat. Melodi-melodi khas Sci-fi yang terdengar mengherankan tapi nyata. Pokoknya kalo anda dengerin lagu ini di siang hari bakal terasa malam dan sebaliknya, efeknya Psychedelic banget. Oya ketika ini Psytrance ialah salah satu subgenre yang sangat Popular dan paling tidak sedikit komunitasnya daripada genre musik trance lainnya gans.

  10 Top Tempat Wisata Di Jawa Timur Yg Harus Kalian Kunjungi

6. Ambient Trance

Genre musik trance ambient ini ingin menggunakan BPM lebih rendah dan tidak cukup tekanan pada bassline nya. Ambient Trance umumnya memakai suara lembut dan menjaga perasaan “easy listening”, sedangkan tetap mempertahankan ciri khas repetitif dan emosional yang berhubungan dengan musik Trance secara luas.

Saya pribadi tidak cukup suka dengan konsep easy listening yang ditawarkan oleh genre ini. Terdengar suram dan kadang membosankan, tapi anda tahu kan bahwa masing-masing penilaian tersebut relatif. Nah inilah ane kasih sample nya, mungkin cocok ditelinga dan jiwa raga kamu.

Tuh asik kan??, tadi saya katakan tidak cukup suka bukan berarti tidak suka gans, heheee. Divine Feeling adalahsalah satu lagu Ambient karya Astropilot yang mayan top gans. Yang begini sih saya masih suka, bila yang Ambient nya level parah tersebut saya tidak cukup suka.

7. Dream Trance

Hmm jenis musik trance satu ini pun 11:12 dengan Ambient gans, hanya yang ini lebih canggih dan mengekor zaman aja. Dan alur musik yang tidak banyak lebih kencang tetapi naik turun menghanyutkan. Instrumen dan melodi ajaib yang membuatmu melamun atau tertidur.

Memberikan efek relaksasi yang tenang pun menyenangkan, saya paling suka dengan konsep easy listening semacam ini. Musik Dream Trance ini paling relatif gans, gampang sekali guna disusupi atau secara terang-terangan di kolaborasikan dengan subgenre musik lainnya. Karena mudah diprediksi kalo hasilnya bakal tetap enak dan menenangkan.

8. Tech Trance – Tekno Trance

Jelas ini perpaduan antara genre musik trance dan techno, ini akan memerlukan semua kekuatan dan keterampilan yang paling sulit. Semuanya terdengar paling industrial, canggih dan canggih gans. Beberapa nama yang secara eksklusif berkontribusi pada musik ini ialah Randy Katana, Sander van Doorn, Abel Ramos, Bryan Kearney, dan Marcel Woods.

Tak ada peraturan pasti tentang karakter musiknya, dapat santai, dapat kencang dan dapat juga naik turun laksana Progressive. Ciri-ciri yang gampang kita deteksi ialah nuansa musiknya yang terang dibandingkan Techno House. Dari sisi Trance kadang tersiar serupa-serupa seluruh subgenre lainnya, hahahaa hebat kan. Tapi bila sudah terbiasa nanti bakal ada cela untuk mengetahui musik ini.

Artikel tentang Jenis Musik Trance ini ialah hasil benang merah saya individu dari tidak sedikit sumber bacaan dan pengalaman. Sekian tulisan tentang 8 Genre Utama Musik Trance, andai ada yang dirasa kirang tepat ayo kita diskusikan. Materi media semuanya saya embed dari Soundcloud, berhubungan dengan Copyright saya kembalikan pada kepandaian Soundcloud.


Lothbrok

"It is one thing to use a weapon, but another to kill." - Ragnar Lothbrok-------s2e2

0 Comments

Tinggalkan Balasan