gerhana bulan abad 21
fenomena gerhana bulan

Ini Waktu Dan Tempat Melihat Gerhana Bulan Di Indonesia 28 juli 2018

Posted on

Di akhir bulan Juli 2018 ini kita akan melihat gerhana bulan total terlama dalam abad 21. Di Indonesia, gerhana bulan ini akan terjadi pada tanggal 28 Juli dini hari, sedangkan di negara barat gerhana ini akan terjadi pada tanggal 27 Juli.

Fenomena Gerhana Bulan Di Indonesia terjadi Dini Hari

Awal gerhana bulan akan terjadi pada pukul 00:15 WIB. Beberapa menit setelah pergantian tanggal, dari 27 Juli ke 28 Juli. Menurut Marufin Sudibyo, seorang astronom amatir, pada pukul 01:24 WIB, gerhana mulai terlihat karena umbra (bayangan gelap) mulai menutupi bulan.

Dan puncak gerhana bulan akan terjadi pukul 03:22 WIB. Di waktu ini, bulan benar-benar tertutupi oleh umbra selama sekitar 1 jam 43 menit.

Fenomena gerhana bulan diperkirakan akan berakhir pukul 06:28 WIB. Namun, di wilayah Indonesia, Fenomena gerhana bulan ini akan berakhir lebih cepat, yakni pukul 05:19 WIB.

Ini Zona Waktu Indonesia Melihat Gerhana Bulan

Gerhana bulan kali ini bisa disaksikan di seluruh Indonesia. Namun, Tidak semua tahap gerhana bulan bisa disaksikan keseluruhan di beberapa wilayah dikarenakan bulan sudah terbenam.

Wilayah yang ada di zona waktu Indonesia bagian timur (WIT), hanya bisa melihat awal dan puncak gerhana. Akhir gerhana nggak bisa disaksikan di wilayah ini.

Bagaimana dengan wilayah yang ada di zona waktu Indonesia bagian Tengah (WITA)? Di wilayah ini, ada beberapa tempat yang tidak bisa menyaksikan akhir gerhana, misalnya sebagian wilayah kepulauan Nusa Tenggara, sebagian kecil wilayah Kalimantan, dan seluruh Sulawesi.

  Website KPU Diretas, Bagaimana Kredibelitas Perhitungan Pilkada ?

Lalu untuk wilayah yang ada di zona waktu Indonesia bagian Barat (WIB) bagaimana?, wilayah Jawa dan sebagian pulau Sumatera juga tidak bisa menyaksikan akhir gerhana, karena bulan sudah terbenam lebih dulu.

Kita memang dapat menyaksikan gerhana bulantotal terlama sepanjang abad ini di seluruh zona waktu wilayah Indonesia. Namun sangat disayangkan, fenomena alam gerhana bulan kali ini tidak bisa disaksikan sampai akhir di banyak wilayah Indonesia karena bulan sudah terbenam lebih dahulu.

 

sumber: Kompas, Tribunnews

Gambar Gravatar
Bukan penulis tapi suka nulis, Seorang penakut yang paling berani.. Sebuah Perjalanan !! pecinta kopi !! penikmat senja !!

Tinggalkan Balasan