6 Cara Paling Mudah Menciptakan Konten Yang Berkualitas


6 Langkah Mudah Menciptakan Konten Yang Berkualitas
6 Langkah Mudah Menciptakan Konten Yang Berkualitas

6 Cara Paling Mudah Menciptakan Konten Yang Berkualitas – Dalam sebuah blog atau website, salah satu yang harus ada adalah konten. Konten disini bisa dimaksudkan sebagai artikel. Namun banyak para blogger dan webmaster yang kurang mempedulikan kualitas tulisan mereka. Ada yang menulis asal-asalan, copy paste, hingga menggunakan bahasa yang kurang tepat.

Padahal, jika mampu membuat artikel yang berkualitas, maka akan disukai Google, sehingga bsa membuat blog naik ke posisi atas hasil penelusuran. Sebab itu, di bawah ini adalah langkah membuat artikel yang baik sehingga disukai pembaca dan mesin pencari :

Konten Yang Berkualitas

1. Konten yang Asli, Murni dan Orisinil

Salah satu hal yang paling penting dalam pembuatan artikel adalah orisinil. Maksudnya, artikel tersebut adalah buatan anda sendiri. Bukan hasil dari tools spinner maupun hasil copy paste konten milik orang lain. Untuk bisa menciptakan artikel yang benar-benar orisinil memang sulit, karena semuanya harus datang dari ide anda sendiri.

Namun, jika masih belum mampu menciptakan gagasan semacam itu, sebaiknya buat konten yang berkualitas dan lolos copyscape. Hal ini tentu tidak akan membuat mesin pencari curiga, dan tetap menganggap tulisan tersebut 100% tulisan baru. Untuk itu, sebelum menerbitkan suatu konten, ada baiknya dicek terlebih dahulu, apakah itu lolos copyscape atay tidak.

Untuk mengeceknya bisa menuju ke tools plagiarism checker, salah satunya adalah https://smallseotools.com/plagiarism-checker/. Apabila sudah 100% original, maka bisa langsung diterbitkan. Jika belum, cobalah gonta-ganti kata yang ada agar bisa sempurna.

Terkait dengan  Semua Tentang SEO, Apa Kenapa dan Bagaimana Seputar SEO

2. Memberikan Manfaat dan Solusi

Yang dicari oleh pengunjung di blog atau website anda adalah jawaban dari permasalahan yang mereka hadapi. Misalnya ada yang memiliki persoalan dalam hal pembasmian nyamuk. Maka artikel yang anda tulis harus memberikan kiat-kiat untuk membasmi nyamuk sebenar mungkin. Jadi, sebisa mungkin, artikel buatan anda tidak kebanyakan omong kosong.

Untuk bisa menjawab pertanyaan calon pembaca, kuasailah dulu apa yang akan anda tulis. Hal ini penting, karena jika tidak tahu apa-apa tentang apa yang ditulis, otomatis akan memberikan informasi yang tidak akurat. Hal ini akan menimbulkan ketidakpercayaan pembaca pada website anda, sehingga mereka akan menolak kembali kesitu. Jika dirasa belum menguasai materi itu, bisa dicoba dengan belajar ke website lain dengan tema serupa. Bisa juga dengan membaca referensi lain di buku atau langsung mewawancarai narasumber.

3. Konten Yang Sesuai fakta dan Kenyataaan

Tulislah artikel dengan menghadirkan fakta yang sesuai dengan kondisi sebenarnya. Biasanya, ada juga penulis yang sengaja membesar-besarkan suatu kejadian, sebenarnya itu sangat tidak perlu. Bayangkan jika artikel ditulis hanya dari angan-angan tak pasti dan dibesar-besarkan, berapa banyak orang yang akan keliru nantinya. Hal ini tentu bisa membuat kecewa pengunjung, sehigga mereka bisa ogah balik lagi ke blog anda.

Terkadang, artikel juga membutuhkan suatu rujukan dari pihak lain. Hal ini terjadi karena keterbatasan manusia yang tidak mungkin bisa tahu semua hal. Jadi saat anda diharuskan mengambil rujukan dalam pembuatan konten yang berkualitas, pastikan rujukan yang anda dapat adalah dari orang terpercaya. Misalnya mengambil dari liputan media ternama, semacam Detik, Liputan6, dan lain-lain. Bisa juga dari situs luar negeri, namun harus yang benar-benar media terpercaya.

Terkait dengan  Antara Penulis dan Blogger, Ini Perbandingannya

4. Lengkap Dengan Media Pendukung

Untuk gambar memang sudah sangat wajib ada dalam setiap konten yang berkualitas, walau hanya satu. Hal ini dikarenakan gambar mampu memberi tahu search engine bahwa konten anda layak dibaca. Selain hanya sebagai pelengkap, gambar yang baik juga bisa dibuat untuk keperluan penjelasan tambahan.

Seperti pada blog tutorial, gambar atau screenshot perlu ditampilkan untuk memudahkan pembaca memahaminya. Gambar juga bisa ditambahkan untuk menampilkan tampilan barang, statistik, bukti, dan hal lainnya. Selain gambar, jika perlu tambahkan pula video agar pengunjung bisa lebih paham.

5. Menggunakan Bahasa Yang Baik dan Sesuai

Dalam bahasa Indonesia, ada yang namanya EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Jadi, dalam setiap pembuatan konten berkualitas untuk website, haruslah sesuai kaidah tersebut. Usahakan pakai bahasa yang baku, jangan bahasa singkatan atau bahasa pergaulan. Tujuannya adalah agar semua kalangan pembaca bisa membaca tulisan anda tersebut. Jika belum terlalu paham tentang kaidah bahasa baku, maka bisa dicari di kamus bahasa Indonesia, baik secara online atau offline.

6. Keyword atau Kata Kunci yang Tepat

Jika lima hal di atas ditujukan untuk mempermudah pembaca dalam memahami isi artikel anda, maka kali ini adalah agar artikel disukai Google. Sebelum menambah kata kunci, ada baiknya anda riset keyword terlebih dahulu agar hasilnya memuaskan.

Terkait dengan  3 Cara Mencari Keyword Terbaik Untuk Postingan Blog

Tujuan dari penambahan kata kunci adalah agar artikel bisa muncul di hasil penulusuran dengan kata kunci tersebut. Sebar beberapa kata kunci di setiap sudut artikel, namun jangan terlalu banyak, karena bisa membuat pengunjung tak nyaman.

Usahakan juga dalam penambahan kata kunci membuat artikel masih tetap enak dibaca. Ada juga orang yang menumpuk keyword, karena menurut mereka itu baik, padahal sebaliknya. Sekian panduanĀ 6 Cara Paling Mudah Menciptakan Konten Yang Berkualitas versi MrJx.


Lothbrok

"It is one thing to use a weapon, but another to kill." - Ragnar Lothbrok-------s2e2

One Comment

Tinggalkan Balasan