Maksimalkan Kecepatan Blog Agar Tidak Berat, Dengan 5 Cara Ini
Maksimalkan Kecepatan Blog Agar Tidak Berat, Dengan 5 Cara Ini

Maksimalkan Kecepatan Blog Agar Tidak Berat, Dengan 5 Cara Ini

Posted on

Maksimalkan Kecepatan Blog Agar Tidak Berat, Dengan 5 Cara Ini – Memiliki website atau blog yang ringan akan memberikan banyak keuntungan bagi pemiliknya. Tentunya keuntungan utama adalah website mampu bersaing di halaman teratas hasil penulusuran.

Hal ini dikarenakan loading blog yang ringan sangat disukai oleh pengunjung. Dengan begitu mereka tidak akan lama menunggu, sehingga mau membaca artikel di dalam blog tersebut.

Dengan penjelasan di atas, website yang ringan dan loading cepat mampu untuk menurunkan persentase bounce rate. Mereka akan berlama-lama di wesbite anda dan tidak tergesa-gesa untuk menekan tombol kembali. Dengan rampingnya bounce rate inilah yang mengakibatkan awebsite disukai oleh search engine, khududnya Google. Untuk itu, berikut ini adalah cara mempercepat loading blog agar ringan :

1. Maksimalkan Kecepatan Blog dengan Hosting Yang Cepat dan Kuat

Untuk membuat sebuah website, salah satu yang diperlukan adalah hosting. Berbeda dengan pembuatan blog di blogspot yang tak perlu memakai hosting, wordpress harus memiliki hosting jika ingin mendapat fitur website secara utuh. Hubungan antara hosting dengan kecepatan website cukup terkait.

Karena server pada hosting sangat menentukan seberapa cepatnya loading pada web klien mereka. Maka dari itu, pilihlah hosting yang benar-benar berkualitas, walaupun agak mahal harganya.

2. Gunakan Template atau Theme Yang Ringan

Sebelum menjadikan suatu template sebagai template website anda, lakukanlah dulu pengecekan terhadap template tersebut. Bisa dengan alat, bisa juga dicek secara manual. Kalau manual, cobalah kunjungi halaman preview tema tersebut, kemudian perhatikan cepat atau tidakya loading tema tersebut. Lakukan cara manual ini diponsel maupun PC agar diketahui secara lengkap performa template tersebut.

  Pengertian Bounce Rate Blog, Cara Turunkan Bounce Rate

Sedangkan yang otomatis, yakni yang menggunakan alat, bisa memakai tool milik Google, yaitu PageSpeed Insights. Untuk URLnya adalah https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/. Setelah memasukkan url website preview tema di kolom yang disediakan, maka akan tampil nilai dari tampilan website tersebut. Usahakan nilainya di atas 75, namun yang lebih baik lagi harus di atas 90.

Setelah mengecek template selesai dan hasilnya memuaskan, template tersebut bisa dipasang di blog atau website masing-masing. Usahakan pula tampilannya bagus dan mobile-friendly. Untuk mengecek apakah template mobile friendly, bisa dicek di https://search.google.com/test/mobile-friendly. Jika hasilnya ‘Page Is Mobile Friendly’, maka template tersebut bisa dijadikan tema anda.

3. Optimasi Gambar Pada Blog atau Website

Gambar sudah hampir pasti akan selalu ada dalam setiap artikel yang dibuat. Maka dari itu, pilihlah gambar yang memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, namun tetap memiliki kualitas. Caranya bisa dilakukan dengan mengkompres gambar terlebih dahulu.

Dengan mengkompres, maka nanti gambar yang ditampilkan memiliki kualitas mumpuni, namun memiliki ukuran yang lebih ringan. Salah satu website kompres terbaik adalah jpeg-optimizer.com dan tinypng.com.

Selain memperkecil ukuran gambar dengan cara kompres, cara lainnya adalah dengan mengubah ukuran dimensinya. Untuk bisa mengubah dimensi piksel suatu grafis, pakai pula tool jpeg-optimizer. Ukuran piksel paling ideal adalah 300 sampai 900 piksel. Dengan gambar atau thumbnail yang ringan, pasti akan berdampak pada loading yang ringan pula.

  Cara Buat Judul Postingan Blog Yang Ramah SEO Gaya Baru

4. Blog Agar Tidak Berat Hanya Pasang Widget Yang Penting

Banyak pemula yang menambahkan banyak widget-widget yang sebenarnya tidak penting. Dengan semakin banyak widget, maka akan semakin lambat loading suatu web. Pilihlah widget yang penting saja, semisal populer post, label, post terbaru, dan lainnya. Buang widget yang tak berarti, atau bahkan menurut anda tidak bermanfaat bagi website.

Selain widget, hal tak berguna lain adalah komentar yang spam. Maka dari itu, aktifkan fitur moderasi komentar, dan tampilkan hanya komentar cerdas dari komentator. Bayangkan jika anda harus menerima semua komentar, pastinya akan membuat halaman memiliki loading lebih lama lagi.

5. Utamakan Konten, Bukan Iklan

Kebanyakan iklan adalah gambar dan link yang mampu membuat waktu loading lebih lama. Bagaimana jadinya jika banyak webmaster menempatkan iklan di sekujur halaman website, pasti akan membuat loading lebih lama. Untuk menyikapi hal itu, tempatkan iklan di tempat yang strategis sesuai saran dari para ahlinya. Dengan meminimalkan penempatan iklan, pengunjung akan lebih betah dan loading juga lebih ringan.

Sekian tips Maksimalkan Kecepatan Blog Agar Tidak Berat, Dengan 5 Cara ini versi IndoTops.com . Agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, silakan coba dan riset sendiri ya gan. Semoga berhasil…

Gambar Gravatar
"It is one thing to use a weapon, but another to kill." - Ragnar Lothbrok-------s2e2

One thought on “Maksimalkan Kecepatan Blog Agar Tidak Berat, Dengan 5 Cara Ini

Tinggalkan Balasan