Orang Paling Kaya Di Indonesia
Orang Paling Kaya Di Indonesia

5 Orang Paling Kaya Di Indonesia Tahun 2018 Versi Majalah Forbes

Posted on

Orang Paling Kaya Di Indonesia – Tiap tahun sebuah majalah bisnis dan keuangan Amerika Serikat bernama Forbes selalu merilis daftar orang terkaya di dunia, termasuk Indonesia.

Seperti tahun kemarin, Forbes beberapa waktu yang lalu sudah merilis daftar orang paling kaya di dunia pada tahun 2018. Daftar yang luncurkan tersebut meliputi 2.000 orang terkaya dari 78 negara di dunia.

Dari sejumlah orang terkaya di dunia, ternyata negara Amerika Serikat masih menduduki peringkat pertama dengan jumlah miliarder sebanyak 585 orang.

Selanjutnya urutan kedua ada China yang mempunyai miliarder sebanyak 373 orang. Dan negara kita Indonesia hanya mempunyai 20 orang miliarder yang sukses masuk kedalam daftar tersebut. Dari 20 orang tersebut berikut nama-namanya:

5 Orang Paling Kaya di Indonesia Versi Majalah Forbes Tahun 2018

1. Robert Budi Hartono

Robert Budi Hartono masih belum tergeser dari posisi puncak jajaran orang paling tajir di Indonesia. Harta kekayaan pemilik perusahaan rokok Djarum ini mencapai US$17,4 miliar atau sekitar Rp240,2 triliun dengan perkiraan harga dollar di angka Rp13.800.

Jumlah kekayaan tersebut tidak hanya membawanya menjadi orang kaya pertama di Indonesia, tetapi juga masuk ranking 69 orang paling kaya di dunia tahun 2018.

Robert Budi Hartono yang bernama asli Oei Hwie Tjhong merupakan anak ke 2 dari pendiri usaha rokok PT Djarum, yaitu Oei Hwie Gwan.

Sebagian besar pemasukannya ini berasal dari usaha rokoknya. Dengan kakaknya Michael Bambang Hartono, Robert juga memiliki saham BCA sebanyak 55% lewat PT Dwimuria Investama Andalan.

2. Sri Prakash Lohia

Sri Prakash Lohia adalah miliarder Indonesia yang bisnis di bidang petrokimia dan tekstil. Di umur ke 65 tahun, dia memiliki harta sebanyak USD 7 miliar atau sekitar Rp96 Triliun.

Sebagai owner dari Indorama Corporation, pria kelahiran India ini sudah resmi menjadi WNI sejak dia mulai bisnis di Indonesia pada tahun 1974 silam.

Perusahaannya ini dikenal sebagai pensuplay poliester paling besar di dunia. Inilah sebabnya dia dijuluki sebagai Raja Poliester from Indonesia.

3. Michael Bambang Hartono
Daftar Orang Paling Kaya Di Indonesia
Daftar Orang Paling Kaya Di Indonesia

Di peringkat dua ada Michael Bambang Hartono yang tak lain adalah kakak dari Robert Budi Hartono. Mereka menjadi penerus bisnis rokok kepunyaan ayahnya.

Tidak jauh beda dengan sang adik, Michael Bambang Hartono menduduki urutan ke-75 orang paling tajir di dunia.

Di usianya yang telah mencapai 78 tahun, Michael Bambang Hartono sudah menjadikan PT Djarum memonopoli pasar rokok kretek di Amerika Serikat.

Michael Bambang Hartono tercatat mempunyai harta sebanyak USD16,7 miliar atau setara Rp229,2 Triliun.

4. Tahir

Tahir yang mempunyai nama lengkap Dato Sri Tahir ini adalah pendiri Mayapada Group. Bisnis Tahir meliputi di bidang otomotif, perbankan, rumah sakit, properti, media, televisi berbayar, duty free shopping, dan lain sebagainya.

Pada tahun 2018, kekayaan miliarder asal Indonesia ini tercatat di Majalah Forbes menyentuh angka USD3,5 Miliar atau sekitar Rp48 Triliun.

  Ini Waktu Dan Tempat Melihat Gerhana Bulan Di Indonesia 28 juli 2018
5. Chairul Tanjung

Anda pasti mengenal sosok yang satu ini, Chairul Tanjung merupakan pemilik dari Trans Corp yang mempunyai anak usaha meliputi Trans TV, Trans Studio, dan TransMart.

Di samping itu, dia juga mempunyai bisnis perbankan bernama Bank Mega. Terkenal dengan julukan ‘si anak singkong’, ternyata Chairul Tanjung telah berbisnis sejak masih kuliah di Universitas Indonesia.

Kemahirannya dalam berbisnis menghantarkannya menjadi menteri ekonomi di zaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tahun 2014 silam. Sekarang kekayaan yang dipunyainya tercatat sebesar USD3,5 Miliar atau sekitar Rp48 Triliun.

Demikianlah informasi singkat mengenai 5 Orang Paling Kaya di Indonesia Versi Majalah Forbes Tahun 2018 pada kesempatan ini.

Sebenarnya masih ada beberapa orang lagi yang masuk jajaran orang paling kaya di Indonesia versi Forbes ini, dan di lain waktu akan admin update ya. Terima kasih!

Gambar Gravatar
"It is one thing to use a weapon, but another to kill." - Ragnar Lothbrok-------s2e2

Tinggalkan Balasan