Kenapa Pemain Sepakbola Suka Meludah atau Berkumur?
Kenapa Pemain Sepakbola Suka Meludah atau Berkumur?

Kenapa Pemain Sepakbola Suka Meludah atau Berkumur?

Posted on

Kenapa Pemain Sepakbola Suka Meludah atau Berkumur? – Kita sebagai penonton SepakBola tentunya tidak hanya melihat permainan yang ada saja, akan tetapi tingkah laku para pemainnya juga menjadi bahan perhatian, salah satunya yaitu kebiasaan habis minum air dikumur dan diludahkan.

Mungkin sebagian dari kita masih bertanya-tanya, saat menyaksikan pertandingan sepakbola di televisi, kita sering kali melihat pemain sepakbola minum air dari botol tetapi kemudian meludahkannya kembali.

Kenapa Pemain Sepakbola Suka Meludah ?

Hal seperti ini sering kali terlihat, dan tidak mungkin itu dilakukan oleh rata-rata pemain jika tidak ada alasannya. Adegan seperti itu juga kerap terlihat di Piala Dunia Rusia. Para pemain mengambil botol air, lalu mereka minum dan, alih-alih menelan air tersebut mereka malah memuntahkannya.

Kadang-kadang mereka terlihat menyempatkan waktu untuk hanya membilas mulut mereka dengan air yang merupakan beberapa jenis air yang mengandung karbohidrat.

Dan ternyata, menurut para ilmuwan nutrisi yang dikutip oleh New York Times (12/7/18). Itu adalah trik untuk menipu otak agar mendapatkan rangsangan pada otot yang kelelahan.

Ketika air memenuhi mulut, maka yang terjadi adalah reseptor mulut dirangsang mendeteksi beberapa jenis karbohidrat dan mengirim sinyal “kegembiraan” ke pusat-pusat kesenangan otak. Persepsinya adalah akan ada lebih banyak energi dalam meredakan stres dan membuat otot bekerja lebih banyak tanpa melelahkan atlet.

Dengan kata lain, Ini seperti pesan pada otak dan otot “Tenang, tidak ada alasan untuk lelah, ini bala bantuan telah datang.”

Dan semakin lama cairan berada di dalam mulut, semakin besar kontak dengan reseptor oral dan semakin baik hasilnya. Jangan menelannya, karena itu akan mempengaruhi kinerja dengan gangguan pencernaan.

Jeukendrup, Seorang ahli fisiologi latihan dan ahli gizi olahraga yang bekerja pada tahun 2004 dengan para peneliti dari University of Birmingham di Inggris, menemukan bahwa ketika seorang pengendara sepeda yang lelah berkumur air karbohidrat, maka dia akan mendapatkan energi untuk mencapai 25 mil lebih cepat.

Meludah atau Berkumur

Dikutip dari situs web vitonica.com. “Karbohidrat bisa meningkatkan kinerja melalui aktivasi area otak”. Dan Menurut pelatih Inggris Major League tekhnik ini bisa memperkuat atlet menghindari kram dan kembung di perut.

  5 Stadion Paling Top Di Indonesia, Keren Banget Gan

Tim Inggris menolak membahas taktik nutrisi mereka dengan New York Times. Tetapi seseorang yang akrab dengan pemain sepakbola mengatakan kepada wartawan bahwa teknik ini telah berhasil di masa lalu dan mereka menganggapnya sebagai praktik standar.

Tapi tekhnik ini hanya berhasil dengan minuman yang mengandung Karbohidrat, tidak untuk minuman dengan pemanis buatan. Diyakini bahwa, ada reseptor oral di dalam mulut yang mampu membedakan antara senyawa yang mengandung karbohidrat dan senyawa bergizi yang tidak, seperti pemanis buatan, seperti yang dijelaskan situs nutrisponse.com.

Nah. Itulah kenapa para pemain sepakbola terlihat sering meludahkan kembali saat mereka minum, mereka hanya membilas mulut untuk memanipulasi otak, tidak meminumnya, karena bisa mempengaruhi kinerja.

Dan untuk yang hobi maen bola atau futsal, maka boleh mencoba tekhnik ini, dan ingat harus dengan air yang mengandung karbohidrat, untuk itu mari kita cari tau, minuman apa saja yang mengandung karbohidrat, mungkin air yang mengandung gula murni.

Alasan Pemain Sepakbola Suka Meludah Minuman

Meludahkan minuman merupakan suatu teknik bernama pembilasan karbohidrat. Saat melakukan teknik tersebut, para pemain harus berkumur-kumur dengan campuran karbohidrat selama lima hingga 10 detik dan kemudian meludahkannya.

Ada beberapa studi yang mengatakan bahwa pemain sepakbola suka meludah ini bisa meningkatkan performa atletik seseorang saat beraktivitas. Salah satunya adalah studi ulasan di 2014 yang menganalisis data dari 11 studi sebelumnya mengenai pembilasan karbohidrat.

Dalam studi itu dijelaskan bahwa teknik tersebut meningkatkan lama performa dalam aktivitas, seperti bersepeda dan berlari, selama kurang lebih satu jam. Namun ada juga data dari tiga studi yang menyimpulkan bahwa teknik tersebut tidak memiliki suatu efek tertentu pada performa aktivitas.

Katanya sih meningkatan performa – Secara keseluruhan, studi ulasan tersebut berpendapat bahwa pembilasan karbohidrat bisa memberikan sedikit manfaat pada performa. Menurut Sourav Poddar, dokter olahraga di UC Health Denver, peningkatan performa bisa mencapai antara dua hingga tiga persen.

  Pertandingan Final Piala Dunia 2018 : Prancis vs Kroasia

Ia menambahkan, peningkatan tersebut sama dengan orang yang meminum cairan karbohidrat saat melakukan latihan daya tahan tubuh.

Berkumur dan Meludah

Pemain timnas Inggris, Kyle Walker. (Foto: Kai Pfaffenbach/Reuters)
Dengan meludahkan kembali cairan tersebut, para atlet bisa menghindari bahaya pada saluran pencernaannya. Michael Joyner, ahli fisiologi olahraga, menjelaskan bahwa cairan bisa tertahan dalam perut sehingga tubuh harus memproduksi lebih banyak lagi cairan untuk bisa mengencerkannya lagi.

Hal tersebut membuat tubuh harus menghabiskan energi, suatu hal yang para atlet hindari.

Belum diketahui cara kerjanya – Para peneliti masih belum mengetahui secara pasti bagaimana teknik pembilasan karbohidrat bisa meningkatkan performa. Namun ada satu hipotesis yang berpendapat bahwa reseptor karbohidrat di mulut mengaktifkan suatu area tertentu di otak.

Poddar berpendapat, hal tersebut menyebabkan peningkatan fungsi motorik atau gerakan tubuh.

Ada juga beberapa studi lain yang menunjukkan bahwa ketika orang mengecap rasa manis di mulutnya, hal tersebut dapat mengubah persepsi atas tingkat kerja mereka. Jadi menurut Joyner, tanpa perlu menelan cairan, suatu cairan karbohidrat yang manis bisa membuat seseorang merasa lebih segar atau lebih semangat.

Sayangnya, kebanyakan studi mengenai pembilasan karbohidrat dilakukan dalam laboratorium dan lebih fokus kepada para pesepeda. Jadi Joyner mengatakan belum diketahui secara pasti bagaimana teknik ini bermanfaat dalam situasi lain seperti saat Piala Dunia.

Namun begitu Poddar mengatakan, meski belum ada kesimpulan pasti atas manfaat pembilasan karbohidrat, tidak ada salahnya melakukan hal ini. “Metode ini praktis dan mudah dilakukan,” ujar Poddar. “Mungkin sangat sedikit efek buruk untuk mencobanya,” timpalnya.

Sekian artikel tentang Kenapa Pemain Sepakbola Suka Meludah atau Berkumur?. Untuk membaca artikel aslinya silakan kunjungi url sumber:

https://today.line.me/ID/pc/article/Mengapa+Pemain+Bola+Sering+Meludahkan+Minumannya-5Vqo9y https://sportandviral.xyz/perlu-anda-tau-kenapa-pemain-sepakbola-meludah-kembali-setalah-minum-ini-penjelasannya/

Gambar Gravatar
"It is one thing to use a weapon, but another to kill." - Ragnar Lothbrok-------s2e2

Tinggalkan Balasan