Pengertian SEO Off Page dan Cara Optimasi SEO Off Page
Pengertian SEO Off Page dan Cara Optimasi SEO Off Page

Pengertian SEO Off Page dan Cara Optimasi SEO Off Page

Posted on

Pengertian SEO Off Page dan Cara Optimasi SEO Off Page – Dalam konteks Search Engine Optimization (SEO), terdapat dua jenis optimasi populer, yakni On-Page dan Off-Page. Jika berbicara mengenai, On-Page SEO, maka itu adalah optimasi yang dilakukan di dalam web itu sendiri. Namun bagaimana dengan yang Off-Page SEO? Berikut pengertian SEO Off Page dan cara optimasi SEO Off Page.

1. PENGERTIAN SEO OFF PAGE

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya diketahui lebih dulu tentang apa itu SEO Off Page. Secara sederhana, Off-Page SEO adalah teknik optimasi yang dilakukan dari luar web itu. Intinya, optimasi yang dilakukan tidak ada sangkut pautnya dengan halaman website anda. Ada yang mengatakan, jika SEO Off-Page berarti membangun popularitas di mata mesin pencari dengan cara tertentu.

2. KONSEP SEO OFF PAGE

Sudah disinggung di atas, tujuan dasar SEO Off-Page adalah membangun popularitas agar mendapat citra baik di mata search engine seperti Google. Hal ini dilakukan karena mesin pencari ingin menampilkan website paling terpercaya, terkenal, dan terbaik di hasil penelusuran. Untuk bisa mendapatkan citra baik itu, maka yang harus dilakukan webmaster adalah dengan melakukan link building atau mencari backlink.

3. CARA OPTIMASI SEO OFF PAGE

Sebenarnya, optimasi SEO Off-Page hanyalah mencari backlink sebaik mungkin. Karena backlink adalah komponen utama dari teknik optimasi ini. Namun ada juga yang menyebut jika optimasi dari luar, juga harus melakukan promosi. Maka dari itu, akan kita bahas tentang backlink dan cara promosi yang baik.

I. TINGKATKAN BACKLINK

Sesuai yang disebut di atas, backlink adalah komponen utama dari teknis seo off-page terbaru. Backlink merupakan link website anda yang berada di website lain. Untuk bisa mendapatkannya harus dengan cara menanam link pada website lain. Menyoal backlink, di bawah ini ada beberapa kiat yang harus diperhatikan agar becklink yang didapat menjadi berkualitas.

a. Yang Dimaksud dengan Backlink Berkualitas

Dalam ilmu SEO, ada backlink yang berkualitas dan ada yang tidak. Sebagai pemilik web, yang harus dicari adalah yang memiliki kualitas mumpuni. Kriteria backlink seperti itu adalah backlink dari website yang memiliki DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) tinggi. Untuk mengeceknya bisa dilakukan di http://checkmoz.com. Backlink berkualitas juga bisa didapat dari situs dengan domain .edu dan .gov. Backlink yang baik juga harus didapat dari situs dengan tema serupa.

  7 Usaha Unik Yang Berpotensi Menguntungkan, Simak Gan

Namun selain yang memiliki kualitas, ada beberapa ciri backlink dengan kualitas buruk. Seperti backlink dari website kurang terkenal, backlink yang didapat dari web yang sudah menjadi lumbung backlink (sudah banyak backlink orang lain), dan backlink yang tidak natural (auto backlink).

b. Cara Mendapatkan Backlink

Untuk menanam backlink, yang harus dilakukan hanyalah dengan cara berkomentar di website lain. Namun sertakan pula link website anda. Biasanya kalau wordpress akan otomatis terisi dengan website anda. Namun untuk blogspot, pilih pilihan name/url pada saat berkomentar. Anda bisa melakukan blogwalking ke situs besar atau setidaknya sudah memiliki DA dan PA mumpuni.

Selain berkomentar, cara mendapatkan backlink lainnya adalah dengan melakukan link exchange. Artinya anda bekerja sama dengan pemilik website lain untuk saling menempel link di website masing-masing. Ada juga yang menanam backlink dengan menggunakan forum dan social bookmarking. Biasanya saat memakai cara ini, webmaster harus menulis sebuah artikel di situs forum (Detik, Kaskus, dll) dan menyertakan link websitenya.

c. Metode Mencari dan Mendapatkan Backlink

Untuk mencari backlink dengan kualitas terbaik, cara paling tepat adalah dengan memanfaatkan situs pengecek backlink. Caranya, carilah backlink web kompetitor dengan situs pengecek backlink (Ahrefs, Alexa, dll). Kemudian tanamkan juga backlink website anda pada situs yang menjadi backlink kompetitor dengan cara memberi komentar. Namun cara ini kerap membutuhkan dana, karena untuk bisa mengecek backlink secara utuh, Ahrefs dan Alexa mengharuskan penggunanya untuk membayar biaya.

  Malas Ngeblog ?. Berikut Cara Atasi Malas Nulis Blog

Metode lain untuk mendapatkan backlink adalah dengan memanfaatkan mesin pencari. Carilah keyword yang memiliki tema yang sama dengan website anda. Kemudian tanamlah backlink dengan cara komentar pada website atau blog yang berada di peringkat teratas dari hasil pencarian.

II. PROMOSI BLOG ATAU WEBSITE

Mengenai promosi, sudah banyak yang tahu tentang hal tersebut. Untuk melakukan promosi, yang perlu dilakukan hanyalah membagikan tautan website ke sebuah sosial media. Tujuannya adalah agar nama website dikenal oleh banyak orang, bahkan bisa menaikkan reputasi baik di mata mesin pencari.

Agar promosi berjalan sukses, manfaatkanlah sosial media paling populer saat ini, yakni Facebook, Instagram, Google Plus, dan Twitter. Namun jangan sampai terlalu banyak share link ke sosial media, karena bisa dianggap spam. Upayakan hanya membagikan pada sosial media anda yang memiliki jumlah teman atau pengikut terbanyak. Facebook biasanya yang paling sering dipakai, karena penggunanya yang banyak. Di Facebook juga bisa membagikan konten ke grup. Pilihlah grup yang memiliki tema serupa dengan konten anda agar pengunjung lebih elevan.

4. SABAR DAN KONSISTEN

Terakhir, ada hal yang harus benar-benar diperhatikan saat melakukan teknik seo off-page terampuh. Hal tersebut adalah sabar, karena teknik seo ini memang memerlukan waktu yang cukup lama. Kedua, jangan kebanyakan. Maksudnya jangan langsung menanam backlink dan promosi secara intens, karena hal ini justru memberi citra negatif bagi website anda.

Sekian artikel terbaik mengenaiĀ Pengertian SEO Off Page dan Cara Optimasi SEO Off PageĀ versi IndoTops. Jika ada yang ingin ditanyakan, jangan ragu dan silakan manfaatkan fitur komentar dibawah, lalu kita bicarakan. see ya !!

Gambar Gravatar
"It is one thing to use a weapon, but another to kill." - Ragnar Lothbrok-------s2e2

One thought on “Pengertian SEO Off Page dan Cara Optimasi SEO Off Page

Tinggalkan Balasan