Tentang Cryptocurrency, Pengertian Cryptocurrency sebagai Mata Uang Terbaik
Tentang Cryptocurrency, Pengertian Cryptocurrency sebagai Mata Uang Terbaik

Tentang Cryptocurrency, Konsep Mata Uang Terbaik Untuk Masa Depan

Posted on

Tentang Cryptocurrency, Pengertian Cryptocurrency sebagai Konsep Mata Uang Terbaik Untuk Masa Depan – Internet membawa perkembangan yang teramat sangat di kehidupan manusia. Salah satu perkembangan yang diakibatkan oleh munculnya internet adalah hadirnya cryptocurrency. Mungkin akan terdengar asing bagi sebagian kalangan, mengingat hanya orang tertentu yang mengaksesnya untuk saat ini. Namun jika orang-orang ingin tahu apa itu cryptocurrency, maka inilah pembahasannya.

Pengertian Cryptocurrency

Secara sederhana, pengertian cryptocurrency adalah sebuah mata uang yang berbentuk digital. Berbeda dengan mata uang yang saat kita kenal (rupiah, dollar, dll) yang berbentuk fisik atau bentuknya bisa dilihat, cryptocurrency bentuknya digital. Dalam melakukan transaksi juga berbeda, jika mata uang fisik bisa dilakukan secara tatap muka, maka cryptocurrency dilakukan dengan bantuan internet.

Pembuatan cryptocurrency memakai ilmu kriptografi, yakni sebuah ilmu untuk memastikan keamanan suatu pesan. Dengan melakukan enkripsi khusus, membuat kriptografi mampu membuat transaksi sangat aman dan cryptocurrency tidak dapat dipalsukan.

Saat ini telah ada ribuan mata uang digital di dunia, namun yang paling terkenal dan yang menjadi cryptocurrency pertama adalah Bitcoin. Banyaknya mata uang ini disebabkan oleh orang-orang yang bisa membuat cryptocurrency sendiri. Beberapa cryptocurrency lain yang saat ini ada adalah Ripple, ESO, Maker, Litecoin, DASH, dan lainnya.

Mekanisme Tentang Cryptocurrency, Secara Teknis

Dalam ilmu mata uang fisik, untuk bisa melakukan transaksi secara menyeluruh maka membutuhkan pihak ketiga. Maksudnya, saat ada transaksi dengan orang luar atau orang yang jauh, maka saat melakukan pembayaran harus membutuhkan perantara, seperti perbankan.

Dengan memakai jasa perbankan, maka akan menggunakan biaya, kurang efektif, dan bergantung pada tempat dan waktu. Hal inilah yang ditolak oleh konsep dasar mata uang terbaik Cryptocurrency.

Namun dalam cryptocurrency hal itu coba diatasi. Orang-orang bisa bertransaksi secara bebas tanpa bantuan pihak ketiga. Jadi transaksi bisa dilakukan kapan saja, dimana saja, dan tidak melakukan biaya tambahan yang besar.

  Fakta Tentang Bitcoin Di Indonesia, Kenapa Bitcoin Dilarang Pemerintah

Itu merupakan sistem terdesentralisasi, ciri khas cryptocurrency yang mampu membuatnya tidak memerlukan pihak ketiga, baik perbankan maupun permeritah.

Konsep Mata Uang Terbaik Cryptocurrency

Dalam cryptocurrency juga ada yang dinamakan blockchain yang menjadi sistem paling bertanggung jawab dalam transaksi cryptocurrency. Apa itu blockchain? Blockchain merupakan sistem yang berfungsi untuk menjaga serta mengatur data yang masuk ke dalam suatu blok. Blok yang menyimpan data tersebut akan saling terhubung dengan yang lain. Jika masih belum paham, maka akan dijelaskan dalam bentuk ilustrasi berikut.

Orang yang mengakses cryptocurrency, misalnya bitcoin pasti masuk menggunakan pc atau smartphone dengan suatu jaringan. Jaringan tersebut akan menyimpan setiap data transaksi dari akun sang pemiliki bitcoin.

Apablia akun tersebut telah melakukan transaksi maka jaringan akan langsung tahu akan hal itu. Nantinya catatan transaksi tersebut akan menjadi data yang tersimpan dalam blok.

Setelah transaksi selesai dilakukan dan telah dikonfirmasi, maka blok data tadi akan tersebar ke jaringan lain yang terhubung ke sistem. Inilah yang dinamakan dengan blockchain atau rantai blok.

Dalam mata uang fisik, data transaksi akan disimpan oleh bank dalam buku besarnya. Begitu pula dengan cryptocurrency yang menyimpan data tadi pada buku besarnya sendiri bernama open ledger.

Bedanya adalah, apabila buku besar perbankan disimpan oleh pihak bank, namun milik cryptocurrency akan disimpan semua pemilik jaringan. Dengan begitu, catatan transaksi tidak mungkin dipalsukan, karena semua jaringan memiliki datanya.

Dasar Perhitungan Harga Cryptocurrency

Sama halnya dengan mata uang fisik, cryptocurrency juga memiliki metode penentuan nilai. Misalnya dalam mata uang fisik, nilai untuk 1 dollar adalah 14,000 rupiah. Dalam cryptocurrency juga ada hal semacam itu, contohnya adalah, nilai 1 bitcoin (salah satu cryptocurrency) saat ini adalah 110 juta rupiah. Namun yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana cara menentukan nilai mata uang digitial?

Cara menentukan harga cryptocurrency, yakni bergantung pada permintaan dan penawaran. Apabila permintaan tinggi, namun jumlah penawar sedikit, maka akan mampu membuat nilai mata uang meninggi.

  Investasi Bitcoin, Bill Gates dan Mike Tyson Tak Mau Ketinggalan

Begitu pula sebaliknya. Karena mengandalkan permintaan dan penawaran, nilai cryptocurrency bisa saja berubah drastis, baik naik maupun turun. Saat ini cryptocurrency dengan nilai tertinggi adalah bitcoin.

Jelas sekali kan, dengan dasar perhitungan semacam itu, nilai dan harga suatu mata uang digital menggunakan prinsip ekonomi yang paling dasar. Saya yakin kita semua sudah mempelajari tentang hal ini disekolah.

Tak ada satu pun negara, pemerintah, perusahaan, atau organisasi apapun didunia ini yang memiliki kekuatan untuk mengontrolnya. Semua terjadi begitu saja tergantung dengan prinsip Permintaan dan Penawaran.

Penggunaan Cryptocurrency

Sejauh ini, ada 4 aktifitas yang terkait dengan Mata Uang Digital atau Cryptocurrency ini, seperti;

  1. Pertama adalah trading. Orang-orang bisa menjual dan membeli cryptocurrency entah itu tujuan ekonomis atau tujuan lain. Biasanya orang yang melakukan trading akan menjual cryptocurrency ketika harganya tinggi, namun membelinya dikala harga murah. Hal itu dilakukan agar bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan cryptocurrency.
  2. Kedua adalah belanja, asalkan tempat tersebut mau menerima pembayaran dengan cryptocurrency, maka belanja dengan mata uang ini bisa diterapkan.
  3. Ketiga adalah penggalangan dana. Ada beberapa situs atau pihak yang hanya mau menerima dana dari cryptocurrency, khusunya bitcoin.
  4. Dan yang terakhir sebagai media penggelapan atau pencucian uang yang paling efektif, ini dikarenakan sistem Cryptocurrency yang tidak memiliki sentralisasi. Sehingga tak dapat dideteksi siapa yang memiliki, dan berapa yang dimiliki.

Okeh gans, sekian bahasan Pengertian Cryptocurrency atau Tentang Cryptocurrency, Konsep Mata Uang Terbaik Untuk Masa Depan

Gambar Gravatar
"It is one thing to use a weapon, but another to kill." - Ragnar Lothbrok-------s2e2

Tinggalkan Balasan