semua tentang seo, seputar seo
semua tentang seo, seputar seo

Semua Tentang SEO, Apa Kenapa dan Bagaimana Seputar SEO

Posted on

Semua tentang SEO, Apa Kenapa dan Bagaimana Seputar SEO – SEO sangat wajib dipelajari oleh setiap pemilik website agar website yang dimiliki sanggup bersaing di hasil pencarian mesin pencari. Belajar SEO bagi pemula bisa langsung dilakukan dengan beberapa tutorial yang ada di website para master. Namun sebelum menuju lebih jauh, sebaiknya ketahuilah apa itu SEO.

1. PENGERTIAN SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, atau jika diterjemahkan adalah optimasi mesin pencari. Secara garis besar, definisi SEO adalah cara untuk membuat website berada di peringkat teratas hasil pencarian mesin pencari, seperti Google dan Bing.

2. APA TUJUAN SEO

Tujuan dasar dari penggunaan SEO adalah untuk menempatkan posisi website di halaman pertama, atau peringkat pertama di hasil pencarian. Hal ini sesuai dengan pengertiannya di atas. Sedangkan tujuan utama dari optimasi tersebut adalah agar trafik pengunjung dari mesin pencari meningkat. Dengan semakin meningkatnya pengunjung inilah, banyak manfaat akan dicapai.

3. MANFAAT SEPUTAR SEO

Banyak manfaat yang akan didapat jika berhasil melakukan teknik SEO. Manfaat utama dari SEO adalah website yang dioptimasi akan mendapatkan pengunjung tertarget. Hal ini bisa terjadi karena pengunjung sebelum menuju website anda, mereka memang ingin mencari sesuatu di sana. Jadi, mereka datang ke website anda karena butuh sesuatu, itulah pengunjung tertarget. Manfaat lainnya adalah, SEO bisa membuat website anda makin dikenal dan disegani.

4. KEUNTUNGAN SEO

Jika dilihat dari manfaatnya, maka akan sanggup menjalar menuju keuntunngannya. Seperti manfaat mendapat pengunjung tertarget, keuntungannya adalah mampu meningkatkan pendapatan dari website anda. Kenapa? karena jika website tersebut adalah website bisnis, maka dengan adanya pengunjung, mereka akan mencooba memakai jasa atau membeli barang dari website tersebut.

Untuk website selain komersial, SEO biasanya dijadikan alat agar jumlah klik iklan pada webnya meningkat. Hal ini terjadi karena SEO mampu meningkatkan pengunjung, dengan begitu, peluang klik iklan akan semakin besar.

  Maksimalkan Kecepatan Blog Agar Tidak Berat, Dengan 5 Cara Ini

5. MACAM-MACAM SEO

Secara garis besar, ada dua jenis SEO yang baik, yakni SEO On-Page dan SEO Off-Page. Dengan kedua jenis optimasi terbaik itu, maka akan menghasilkan cara terbaik untuk melakukan optimasi blog atau website. Berikut adalah pemaparan kedua jenis SEO tersebut.

#1. TENTANG SEO ON-PAGE

Sesuai namanya, SEO On-Page adalah optimasi yang dilakukan dalam web itu sendiri, tidak ada sangkut pautnya dengan website lain. Ada beberapa hal yang dilakukan saat melakukan optimasi jenis ini, berikut adalah daftarnya.

a. Nama Domain

Hal paling dasar dari website adalah memiliki domain. Pilihlah nama yang pendek dan mendeskripsikan website tersebut. Tujuannya agar mudah diingat dan mudah dicari saat berada di SERP (search engine result page).

b. Title Tag

Title tag adalah judul yang ada pada artikel atau halaman web. Tulislah dengan kata kunci yang ditargetkan. Agar lebih baik hasilnya, cobalah untuk melakukan riset keyword dengan tools semacam ubersuggest, google trends, dan google keyword planner.

c. URL

URL sebaiknya ditulis dengan adanya kandungan keyword di dalamnya. Usahakan pula jangan terlalu panjang.

d. Tag Heading

Pemakaian tag heading seperti H1 sampai H6. Biasanya H1 digunakan untuk judul atau nama blog, sedangkan H3 biasanya dipakai untuk judul artikel maupun sub judul.

e. Konten

Isi artikel haruslah berkualitas, seperti memiliki jumlah kata yang banyak, berisi kata kunci yang merata, dan sesuai ejaan yang disempurnakan.

f. Gambar

Dalam satu artikel, sangat lumrah jika ada gambarnya. Agar memiliki kualitas, gambar yang baik harus sudah terkompres ukurannya dan memiliki tag alt dan title.

g. Internal Links

Maksudnya adalah link dalam suatu artikel yang mengarah ke artikel lain. Usahakan dalam setiap pembuatan artikel, tambahkan pula link artikel lain.

  Malas Ngeblog ?. Berikut Cara Atasi Malas Nulis Blog

Dari kesemua optimasi tersebut, ada banyak hal yang harus dihindari. Misalnya menggunakan AGC (Auto Generated Content), copy paste konten orang lain, terlalu banyak kata kunci, dan aktivitas lain. Biasanya teknik terlarang ini dinamakan black hat SEO, sedangkan teknik yang sesuai koridor bernama white hat.

#2. SEPUTAR SEO OFF-PAGE

SEO Off-Page adalah optimasi website yang dilakukan di luar website tersebut. Biasanya untuk melakukan teknik ini, orang-orang akan mencari backlink berkualitas untuk ditujukan ke website tertarget. Apa itu backlink? Backlink adalah link balik, maksudnya link website anda berada di website orang lain.

Backlink penting karena ini menjadi tanda bahwa website anda terkenal atau populer. Dengan itu, mesin pencari tak akan segan menempatkan web tersebut di urutan pertama SERP.

Bagaimana cara mendapatkan backlink? Untuk bisa mendapatkannya, bisa dilakukan dengan memanfaatkan situs forum, seperti Kaskus, Detik, Liputan6, Bersosial, dll. Juga bisa mendapatkannya dari sosial media, seperti Facebook, Google+, Instagram, dan Twitter. Hingga dengan cara berkomentar di website teman.

Kategori backlink yang berkualitas adalah backlink yang didapat berasal dari web yang serupa atau web yang satu tema dengan web anda. Kategori backlink berkualitas lainnya adalah memiliki Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) yang tinggi.

Usahakan pula jangan menanam backlink pada situs yang sudah menjadi sarang backlink, carilah situs yang benar-benar belum banyak orang yang menanm backlink disana. Hal ini dilakukan untuk menghindari spam.

Sekian artikelĀ Semua tentang SEO, Apa Kenapa dan Bagaimana Seputar SEO versi IndoTops.com . Semoga bermanfaat dan selamat mencoba…

Gambar Gravatar
"It is one thing to use a weapon, but another to kill." - Ragnar Lothbrok-------s2e2

Tinggalkan Balasan