usaha modal kecil bagi pelajar dan mahasiswa
usaha modal kecil bagi pelajar dan mahasiswa

Usaha Modal Kecil, Pekerjaan Yang Cocok Bagi Pelajar dan Mahasiswa

Posted on

Usaha Modal Kecil, Job Yang Cocok Buat Pelajar dan Mahasiswa – Sebagai pelajar, pasti pernah berpikir untuk mencari usaha guna membayar iuran sekolah hingga menambah uang saku. Menyikapi hal itu, kini telah banyak bermunculan peluang bisnis sampingan untuk pelajar dan mahasiswa yang menguntungkan.

Tidak hanya sebagai penambah uang saku belaku, pekerjaan ini juga bisa memperluas wawasan para pelajar seputar dunia bisnis. Namun saat sudah menggeluti dunia bisnis, jangan sampai lupa akan kewajiban sekolah. Berikut adalah ide usaha yang cocok bagi pelajar smp dan sma dengan modal kecil :

Usaha Modal Kecil, Pekerjaan Online Yang Cocok bagi Pelajar dan Mahasiswa

1. Blogger

Peluang usaha yang satu ini sangat cocok bagi pelajar. Karena apabila pintar dalam membuat sebuah tulisan atau artikel, maka bisa dengan mudah mendapat banyak penghasilan.

Cara kerja dari seorang blogger hanyalah dengan mempublikasikan artikel yang dibuat pada blog masing-masing. Cara membuat blog sendiri bisa dilakukan dengan mudah, apalagi ada banyak platform blogging yang menyediakan layanan gratisan.

Untuk bisa memperoleh pendapatan, para blogger harus memiliki jaringan iklan yang dipasang di blog ataupun website. Untuk memperoleh banyak pundi-pundi rupiah dari jaringan iklan, maka harus memperbanyak pengunjung agar peluang orang yang melihat iklan tersebut makin besar.

Untuk itu, dalam pembuatan artikel diharapkan berkualitas agar pengunjung betah. Iklan yang popular bagi kalangan blogger saat ini adalah Goggle Adsense, dan masih ada banyak alternatif iklan lain, seperti Adnow, Infolinks, Popads, dan lain-lain.

2. Youtubers

Hampir mirip dengan seorang blogger, Youtubers dalam mendapat penghasilan harus memiliki jaringan iklan untuk dipasang di channel mereka

Beda antara keduanya adalah kontennya, jika blogger harus menerbitkan artikel berbentuk tulisan, youtuber harus berbentuk video. Untuk saat ini, iklan paling lazim dipakai adalah Google Adsense. Ide bisnis online ini sangat tepat bagi siswa yang memiliki keahlian dalan editing video.

3. Content Writer

Untuk bisnis ini sama halnya dengan berjualan sebuah artikel. Sang penulis konten akan dituntut menulis sebuah artikel untuk nantinya dijual kepada orang yang membutuhkannya. Jasa ini sangat cocok bagi orang yang ahli merangkai kata dan pelajar yang ingin cepat mendapat penghasilan.

  Fakta Tentang Bitcoin Di Indonesia, Kenapa Bitcoin Dilarang Pemerintah

Selain itu, jika ingin sukses pada bidang ini, syarat utamanya adalah menguasai bahasa dan berbagai bidang ilmu. Untuk saat ini harga dari artikel lumayan tinggi, untuk satu artikel 500 sampai 1.000 kata Bahasa Indonesia bisa dihargai 8.000 hingga 30.000 rupiah. Bahkan untuk artikel berbahasa inggris bisa memiliki harga dua kali lipatnya.

4. Gamers

Jenis yang satu ini belum banyak dimaksimalkan oleh kebanyakan orang, jadi peluangnya cukup besar. Menjadi seorang gamers professional bisa membuat pelajar mengikuti turnamen dengan hadiah yang sangat besar.

Tidak hanya turnamen, seorang gamer juga bisa menjual akun game tersebut dengan harga tinggi jika sudah memiliki level tinggi pula. Bahkan jika dirasa sudah ahli ngegame, bisa juga berbagai trik gaming di blog ataupun channel youtube, sehingga bisa memperoleh penghasilan dari blog dan youtube.

Usaha Modal Kecil, Pekerjaan Paruh Waktu Buat Pelajar dan Mahasiswa

1. Dropshipper

Bisnis ini memungkinkan para pekerjanya untuk memasarkan sebuah produk. Sang Dropshiper akan mencari pelanggan, kemudian jika ada pembeli, dropshipper tersebut akan membeli produk dengan harga yang lebih murah ke penyuplai, terakhir produk tadi akan dikirm ke pembeli.

Inti dari pekerjaan ini adalah menjual kembali sebuah produk dengan harga yang lebih tinggi. Dan uang hasil lebihnya itu adalah keuntungan yang didapat dari pekerjaan ini.

Saat ini tak sulit untuk mencari mitra yang membutuhkan dropshipper. Lihat saja di aneka sosial media, telah banyak orang-orang yang berjualan disana, itu adalah dropshipper. Jika tertarik, coba saja hubungi orang tadi dan meminta untuk ikut berbisnis. Selain cara itu, sekarang juga banyak online shop yang mencari dropshipper, jadi tak perlu khawatir.

  Tentang Cryptocurrency, Konsep Mata Uang Terbaik Untuk Masa Depan
2. Jualan Pulsa

Dengan semakin maraknya pemakain telepon genggam, maka meningkat pula orang yang membutuhkan pulsa. Berangkat dari situ, pelajar bisa saja menjadi penjual pulsa.

Rasanya pekerjaan ini memang sangat cocok, mengingat target penjualan sangat jelas, yakni teman-teman sekolah yang pasti banyak membutuhkan pulsa. Juga masih ada target lain, yaitu orang-orang di sekitar, bisa keluarga hingga tetangga.

Setiap ada yang melakukan pembelian pulsa, sesorang bisa untung 500 hingga 1000 rupiah. Bisnis ini pas untuk anak smp, sma, dan mahasiswa karena tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga dan pikiran.

3. Penjaga Warnet atau Playstation

Zaman sekarang, di setiap kota bahkan kecamatan minimal ada setidaknya satu warung internat dan rental playstation. Melihat kondisi ini, cobalah untuk melamar kerja menjadi penjaganya.

Untuk warnet, keahlian yang diperlukan hanyalah bisa melakukan printing dan menguasai Microsoft Office. Sedangkan untuk pilihan rental PS, tidak ada keahlian khusus untuk bekerja sebagai penjaganya.

4. Jasa Les Private

Kalau jenis bisnis ini sangat tidak disarankan bagi semua orang, karena hanya orang-orang yang ahli dibidangnya saja yang bisa. Misalkan jika ahli dalam bidang matematika, taka ada salahnya untuk menjadi guru private.

Dengan keahlian tersebut, cobalah tawarkan jasa pada tetangga terdekat, atau coba menggunakan jasa penyalur guru private. Juga masih banyak bimbel yang mencari tambahan jasa pengajar, cobalah untuk melamar disitu.

Sekian¬†Usaha Modal Kecil, Job Yang Cocok Buat Pelajar dan Mahasiswa.¬†Sekali lagi IndoTops mengajak untuk menjadi pribadi yang lebih produktif. Bagi pembaca yang tertarik bergabung menjadi penulis, kontributor, admin atau owner di Indotops.com silakan kontak ya, kita punya skema yang cukup menarik kok ;). Semoga bermanfaat….

Gambar Gravatar
"It is one thing to use a weapon, but another to kill." - Ragnar Lothbrok-------s2e2

Tinggalkan Balasan