wisata gunugn berapi
wisata gunugn berapi

Wisata Gunung Berapi, Penuh Sensasi Dan Keindahan Alam

Posted on

Wisata Gunung Berapi – Gunung masih menjadi daya tarik di hati para traveller yang memiliki jiwa petualang. Terutama yang terbilang masih aktif dan berpotensi meletus sewaktu-waktu.

Tapi anehnya, hal itu tak menyurutkan langkah, untuk berhenti berpetualang. Seperti pada gunung berapi yang akan disebutkan berikut ini.

Memang bila dilihat sepintas sangat menarik. Namun hendaknya berwisata cara demikian, haruslah mengindahkan himbauan serta larangan, tentang apa yang boleh dan yang tidak boleh dilakukan.

Sensasi Wisata Gunung Berapi

Gunung Bromo

Berada Indonesia, tepatnya di Jawa Timur. Gunung tersebut menjadi salah satu gunung berapi paling populer di kawasan Asia Tenggara. Dihuni oleh masyarakat suku Tengger.

Sering diadakan Festival Yadnya Kasada. Yaitu sejenis upacara adat, untuk meminta kesejahteraan dari dewa penunggu gunung, dengan cara membuang hewan ataupun sayuran ke dalam kaldera. Selain itu Anda bisa pula menyaksikan Matahari Terbit/sunrise.

Gunung Vesuveus

Terletak di Italia, di Teluk Napoli. Terkenal dengan letusannya yang memusnahkan kota Pompeii dan Herculaneum. Gunung ini menjadi satu-satunya yang masih aktiv di Eropa, semenjak meletus terakhir pada tahun 1944.

Merupakan wilayah vulkanik yang paling padat penduduknya, dan sekarang menjadi Taman Nasioanl Vesuveus. Memiliki peran penting dalam mitologi serta budaya lokal. Dari tempat ini, Anda bisa menyaksikan kawasan berasap dan reruntuhan kota Pompeii serta sedimen lava dan masih banyak lagi, termasuk juga pemandangan indah Teluk Napoli.

  Top 10 Tempat Wisata di Jawa Tengah Yg Wajib Dikunjungi
Gunung Fuji

Ada 100 km dari kota Tokyo Jepang, namanya gunung Fuji. Simbol dari kebudayaan Jepang. berperan dalam sejarah dan kebudayaannya. Puncaknya yang tertutup salju lima danau di sekitarnya, belum lagi kuil-kuil yang berada di sekitarnya.

Gunung tersebut masih aktif, bertipe strato, dan terakhir meletus pada tahun 1707. Merupakan gunung dengan puncak tertinggi di negara itu, menjadi bagian dari Taman Nasional Fuji-Hakone-Izu. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat itu adalah, pada musim Agustus untuk setiap tahunnya.

Gunung Kilimanjaro

Berlokasi di ketinggian 5.895mdp, gunung Kilimanjaro juga tergolong gunung yang paling berbahaya sebab masih aktiv. Mempunyai 3 puncak yang berbeda. Subyek penghormatan bagi penduduk setempat yang bernama Wachagga.

Menarik untuk didaki oleh para wisawatawan. Taman Nasional Gunung Kilimanjaro juga sangat menawan, sebab keanekaragam hayati dan rumah bagi spesies hewan di bawahnya. Mampu menyedot perhatian pengunjung hingga 20 ribu kali setiap tahunnya.

Gunung Krakatau

Balik lagi ke Indonesia, tepatnya di Ujung Kulon Jawa Barat dan gunung inipun masih aktiv hingga sekarang. Masih menjadi bagian Taman Nasional Ujung Kulon. Pada tahun 1883, pernah meletus dengan kekuatan maha dahsyat, dalam sejarah vulkanik menghancurkan banyak pulau di sekitarnya dan membentuk gunung baru.

Setidaknya letusan pada waktu itu menelan korban jiwa mencapai 35 ribu, dan mengakibatkan tsunami. Akibat dari letusan tersebut, munculnya sebuah gunung baru pada tahun 1930 yang diberi nama Anak Krakatau, yang menakjubkannya lagi menjadi destinasi wisata paling menarik. Adapula laguna, tempat favorit untuk memancing dan pemandangan indah lainnya.

  Liburan Bareng Gebetan ?, Kamu Harus Siapkan 6 Hal Paling Top Ini

Selain yang disebutkan di atas, masih ada lagi beberapa destinasi wisata gunung berapi aktif yang juga menarik dijadikan tempat wisata antara lain :

  • Gunung Etna di Italia
  • Gunung Arenal di Costa Rica
  • Gunung Thrihnukagigur di Islandia
  • Gunung St Helens di Amerika Serikat
  • Gunung Popocatepeti di Mexico
Gambar Gravatar
"It is one thing to use a weapon, but another to kill." - Ragnar Lothbrok-------s2e2

Tinggalkan Balasan